Kasus Covid-19 Menurun, Relawan Pantau Prokes di Masyarakat

Tempat Isolasi Covid-19 di RS DKT

KBRN, Banyumas : Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan, termasuk di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.  Sehingga Relawan Lawan Covid-19 yang sudah terbentuk , yang mencapai 75 orang saat ini lebih ditekankan untuk memantau kegiatan masyarakat. 

Kordinator Relawan Lawan Covid-19 Desa Karangnangka Wasis Wardana mengatakan sejak September – Oktober 2021, tidak ada lagi temuan kasus baru Covid-19 , termasuk adanya warga yang isoman. Padahal sebelumnya tercatat ratusan orang di Desa ini, dinyatakan positif Covid-19 selama pandemi berlangsung. 

Sehingga relawan Lawan Covid-19 Desa Karangnangka yang kebanyakan adalah ibu- ibu, yang sebelumnya bertugas memantau, membantu, mengantar ke Puskesmas, atau rumah sakit dan mendistribusikan makanan bagi warga yang sedang isoman. 

Saat ini dialihkan untuk terus mensosialisasikan Prokes pencegahaan Covid-19. Termasuk memantau bagi warga yang sedang mengelar hajatan, untuk diingatkan Prokes pencegahaan Covid-19. 

Wasis di Karangnangka Kamis ( 21/10/2021) menjelaskan, puluhan relawan dan Pemerintah Desa Karangnangka, saat ini sedang mengejar target sebagai Desa Sehat.

“ Untuk Covid-19 kesadaran sudah terbentuk, masyarakat juga sudah paham sistmenya. Jadi ketika mereka ada gejala nga perlu tim yang naya, bahkan mereka yang lapor,”kata Wasis.

Relawan Lawan Covid-19 di Desa Karangnangka diawali dengan pertengahan Maret 2020, kondisi desanya cukup mencekam karena adanya warga asli Karangnangka meningal dunia akibat Covid-19 di Jakarta.

 Kemudian dimakamkan di Karangnangka, bahkan warga yang kontak dengan jenazah diisolasi dan rumahnya di jaga oleh aparat keamanan, Setelah itu, muncul ide, masyarakat harus tahu tentang Covid-19 dan mengatasinya. 

Cara membentuk relawan, yang bertugas , mensosialisakan Prokes, meluruskan hoax serta memantau kesehatan warga. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00