Senator DPD RI Dukung Pemekaraan Banyumas

KBRN, Banyumas    : Senator DPD RI Abdul Kholik mendukung rencana pemekaraan Banyumas menjadi dua, yakni Kota Purwokerto dan Banyumas Barat. Abdul Kholik Senin (18/10/2021) melakukan pertemuan dengan Bupati Banyumas Achmad Husein dan Ketua DPRD Banyumas dr. Budhi Setiawan di ruang kerja Bupati Banyumas. 

Abdul Kholik mengatakan setelah melihat dokumen yang ada dan melakukan pertemuan dengan eksekutif maupun legislatif di Banyumas. Terlihat Banyumas sudah sangat siap melakukan pemekaraan, selain itu sudah ada komitmen dari Bupati Banyumas akan menangung beban fiskal, dalam proses transisi pemekaraan. 

Selain itu Pemakaraan Banyumas, relatif tidak ada masalah dibandingkan dengan sejumlah pihak lainya. Sehingga sebagai Senator asal Jawa Tengah, akan membawa usulan ini ke Pemerintah Pusat terutama Presiden RI,  Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian terkait. Sehingga proses pemakaraan bisa segera dilaksanakan.

“ DPD RI setiap tahunya mengajukan usulan pemekaraan kepada Presiden, kami akan melakukan usulan pemekaraan Banyumas ini. Pemakaraan Banyumas relatif sudah siap,”kata Abdul Kholik. 

Abdul Kholik juga menjelaskan terkait beberap waktu lalu ada pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri, yang menyatakan melakukan moratorium pemekaraan daerah baru. 

Pernyataan tersebut tidak memiliki dasar hukum kuat, seperti adanya Kepres, ataupun Peraturan Pemerintah. Sehingga proses Pemakaran Banyumas menjadi dua wilayah bisa terus lanjut. (RA).  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00