Purwokerto Kini Miliki Klinik Fertilitas Pertama di Karesidenan Banyumas

KBRN, Purwokerto : Masyarakat di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya tidak perlu lagi pergi jauh untuk melakukan program kehamilan seperti inseminasi buatan. Hal tersebut karena Klinik Fertilitas Indonesia saat ini telah diresmikan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Arif Purwokerto.

Selain tindakan inseminasi buatan atau IUI (Intrauterine Insemination) di Klinik Fertilitas Indonesia RSIA Bunda Arif juga bisa melakukan pemeriksaan analisa sperma dan tentunya konsultasi program kehamilan.

Klinisi dari Klinik Fertilitas Indonesia RSIA Bunda Arif Purwokerto dr. Edy Priyanto, Sp.OG (K)FER menjelaskan infertilitas merupakan kondisi kegagalan pasangan untuk mendapatkan kehamilan sekurang-kurangnya dalam 12 bulan dengan berhubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi.

“Penyebabnya antara lain dari faktor pria dan wanita hingga penyebab yang tidak dapat dijelaskan, pria dan wanita mempunyai besaran kontribusi yang sama,” terangnya.

Salah satu dari program kehamilan yakni Inseminasi buatan merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

“Syarat minimal dari wanita adalah salah satu saluran telur tidak tersumbat, dan dari pria sperma bergerak lebih dari 5 jt dan atau konsentrasi sperma lebih dari 10 juta,” jelas dr. Edy Priyanto, Sp.OG (K)FER.

Head of Klinik Fertilitas Indonesia, Kemal Pasha Siagian mengungkapkan Klinik Fertilitas Indonesia selain berdiri di Kota Purwokerto, juga ada di kota besar lainnya seperti Palembang, Solo, Sragen, Jakarta, Serang, Lampung, Samarinda dan kota-kota lainnya. Akan segera menyusul di kota-kota besar lain yang ada di Indonesia.

“Sesuai dengan visi misi, bahwa kami ingin membantu lebih banyak pasutri untuk mewujudkan mimpi memiliki buah hati. Karenanya, hari ini Klinik Fertilitas Indonesia secara resmi hadir di RSIA Bunda Arif,” ujarnya.

Sementara itu Direktur RSIA Bunda Arif Purwokerto dr. Esa Dhiandini, MARS berharap dengan adanya Klinik Fertilitas Indonesia di RSIA Bunda Arif Purwokerto dapat membantu pasutri yang mengalami kesulitan dalam memiliki keturunan di karesidenan Banyumas (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap) dan di Jawa Tengah umumnya.

“Dengan SDM yang kompeten di bidangnya dan sarana prasarana yang memadai serta dukungan dari Morula IVF Indonesia kami semakin optimis dapat mewujudkan mimpi para pejuang buah hati,” tutupnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00