Ganjil-Genap di Baturaden, Warga Lokal Tidak Perlu Khawatir

KBRN, Purwokerto : Satlantas Polresta Banyumas akan memulai uji coba penerapan ganjil-genap di jalur menuju Lokawisata Baturaden pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu (25-26/9/2021).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat LantasPolresta Banyumas Komisaris Ari Prayitno melalui Kasubnit Satu Kamsel Polresta Banyumas Supeno mengungkapkan ganjil-genap tersebut mencakup sejumlah titik yakni di Simpang Empat Kebumen, Simpang Tiga Langen Tirta dan Jalur Timur Limpakuwus-Sumbang.

“Itu nanti dikhususkan untuk roda empat yang menuju ke Baturaden. Jangan khawatir untuk masyarakat lokal tetap bisa beraktivitas. Itu dikhususkan kepada wisatawan,” ujarnya.

Sejumlah petugas disiagakan untuk menjaga titik-titik tersebut. Bagi kendaraan yang tidak sesuai dengan kriteria akan diminta untuk putar balik.

“Yang tidak sesuai akan diminta putar balik. Tidak ada penilangan,” tandasnya.

Pemberlakuan ganjil-genap akhir pekan ini berlangsung dengan ketentuan hari Sabtu (25/9/2021) untuk kendaraan ganjil dan Minggu (26/9/2021) untuk kendaraan genap.

Supeno belum dapat memastikan apakah ujicoba ganjil-genap tersebut akan berlangsung seterusnya atau hanya untuk sementara. Dia menegaskan tujuan utama dari peraturan tersebut yakni membatasi mobilitas masyarakat ke tempat wisata agar tidak timbul adanya kerumunan. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00