Rutan Kelas II B Banyumas Gelar Bimtek Pencegahan dan Penanganan Kebakaran

KBRN, Banyumas : Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Banyumas mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan dan Perawatan Fasilitas Tenaga Kelistrikan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran, Sabtu (18/09/2021).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Banyumas, Winarso, A.Md.IP.S.H., MH. Dia menuturkan pihaknya menerima langsung perintah dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk meningkatkan kemampuan pegawai khususnya dalam pencegahan kebakaran karena korsleting listrik.

Kegiatan bimtek  ini merupakan bentuk tindak lanjut arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI berkaitan dengan terjadinya Kebakaran pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang pada pekan lalu.

“Sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran ini bertujuan untuk membekali kesiapsiagaan petugas bila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran, dan kita perlu cepat menentukan langkah-langkah untuk mencegah hal tersebut” ungkapnya.

Bimtek tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan PLN dan UPT Pemadam Kebakaran setempat. Kepala Koordinator Area PLN Banyumas Sugiarto dalam pemaparannya mengingatkan terkait bahaya dan penggunaan listrik.

 "Setiap alat yang terpasang harus berstandar SNI dan bila terjadi kerusakan listrik tidak boleh asal memperbaiki," pesan Sugiarto

Peserta berkesempatan mengutarakan pertanyaan mengenai penggunaan alat dan fasilitas kelistrikan. Terpantau diskusi menjadi terlihat aktif. Seperti halnya salah satu peserta, Sigit Purwanto yang bertanya mengenai pentingnya penggunaan kabel berstandar SNI.

Kemudian giliran UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyumas  menyampaikan materinya. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan banyak hal terkait dengan penanggulangan kebakaran antara lain hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran, cara mengevakuasi diri, metode pemadaman kebakaran, cara menggunakan tabung pemadam kebakaran, jenis-jenis tabung pemadam kebakaran dan lainnya.

56 Orang Petugas Rutan Banyumas dan turut hadir pula Kepala  Lapas Narkotika  Kelas II B Purwokerto, Teguh Hartaya, Bc.IP., SH., dan jajarannya. Peserta terlihat antusias mengikuti arahan dari narasumber dengan diselingi sesi tanya jawab dan diberikan kesempatan untuk simulasi penggunaan APAR dan tata cara pemadaman api secara langsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00