BI Bersama ASPI Menargetkan Implementasi 12 Juta Merchant QRIS di Tahun 2021

KBRN, Purwokerto: Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah menargetkan implementasi 12 juta merchant QRIS di tahun 2021 sebagai bentuk perluasan penggunaan QRIS oleh masyarakat. 

Dalam pers release BI Purwokerto, menyebutkan, sebagai upaya mendukung pencapaian target tersebut Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Purwokerto, melaksanakan QRIS Ngapak Festival 2021 yang berlangsung pada tanggal 17 September hingga 2 Oktober 2021. 

Kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi dan edukasi publik melalui pendekatan yang berbeda mengenai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki QRIS, yang dilakukan oleh Bank Indonesia kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat di wilayah eks Karesidenan Banyumas.

Diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan awareness dan engangement masyarakat terhadap QRIS serta mendorong pelaku usaha untuk menggunakan OQRIS. 

Pembukaan QRIS Ngapak Festival 2021 dilaksanakan Jumat (17/9/ 2021),  ditandai dengan pengenalan maskot QRIS Ngapak Festival 2021 yaitu Ina dan Rika. 

Selain itu dalam acara pembukaan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto juga meluncurkan ikon QRIS BI Purwokerto yaitu Super BARIS yang merupakan singkatan dari Super Bawor QRIS. 

Super Baris sendiri terinspirasi dari tokoh wayang Banyumasan Bawor atau Ki Lurah Carub Bawor. 

Pemilihan tokoh Bawor karena Bawor identik dengan masyarakat Banyumasan dan disukai oleh masyarakat, sehingga harapannya ORIS sebagai alat pembayaran digital akan semakin dikenal dan digunakan oleh masyarakat. 

Selama pelaksanaan QRIS Ngapak Festival 2021 pada tanggal 17 September hingga 2 Oktober 2021, berbagai program promo seperti potongan harga dan cashback juga akan diberikan oleh PISP bagi masyarakat yang bertransaksi menggunakan QRIS di merchant-merchant yang berpartisipasi. 

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas, seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Banyumas, Kepala Kantor OJK Purwokerto, pimpinan Perbankan dan pimpinan Perbarindo.

Kegiatan QRIS Ngapak Festival 2021 dengan tagine "QRIS unggul sedulur kabeh" merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari perlombaan dan on boarding UMKM.

Adapun perlombaan dalam QRIS Ngapak Festwal 2021 antara lain 

 Lomba Akuisisi Merchant QRIS Terbanyak, perlombaan ini khusus bagi PJSP Bank dan Non Bank yang telah memiliki izin untuk menerbitkan ORIS dan berada di wilayah kerja Bank Indonesia Purwokerto yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Banjarnegara 

Virtual Run and Ride, terbagi dalam 2 (dua) kategori yaitu virtual run 12 km dan virtual ride 36 km, yang diikuti kurang tebih 2000 peserta. 

Lomba Foto terfavorit Virtual Run dan Virtual Ride 

Lomba Foto, Tiktok, dan Reels dengan tema QRIS 

Lomba transaksi terbanyak menggunakan QRIS, bagi masyarakat umum yang berada di wilayah eks Karesidenan Banyumas. 

Selain itu juga akan dilaksanakan on boarding UMKM di Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara yang bekerjasama dengan asosiasi dan dinas terkait melalui topik pelatihan yaitu keuangan inklusif, pemasaran dan implementasi QRIS.

Peserta on boarding ditargetkan sebanyak 40 pelaku UMKM di masing-masing Kabupaten. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00