Peringati Hahubnas, Sekda Minta Dishub Banyumas Tingkatkan Inovasi

KBRN, Purwokerto:  Sekretaris Daerah Banyumas Wahyu Budi Saptono mengapresiasi segenap jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas atas dedikasi dan loyalitasnya selama ini dalam memberikan pengabdian terbaik kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banyumas. Hal tersebut disampaikan saat apel bersama jajajar Dinas Perhubungan dalam rangkaian Peringatan Hari Perhubungan Tahun 2021 di Halaman Kantor, Jumat (17/09/2021) 

Sekda mengajak Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) dijadikan sebagai momentum agar segenap insan perhubungan di Kabupaten Banyumas dapat terus berinovasi dan berkreasi, terutama dalam menghadapi perubahan dan tantangan zaman yang semakin berat. 

“Kita harus mau dan mampu untuk berubah, mulai dari pola pikir, pola kerja, pola organisasi, reformasi digitalisasi, serta menciptakan etos kerja baru. Mari kita bekerja dengan sepenuh hati guna melayani masyarakat, serta mewujudkan pelayanan transportasi yang selamat, aman, nyaman dan sehat,” kata Wahyu.

Sekda juga meminta jajaran Dinas Perhubungan untuk terus membangun dan memperkuat koordinasi, kebersamaan, kekompakan dan membentuk team work yang solid. Menurutnya tanpa disiplin yang baik dan team work yang solid, akan sulit bagi sebuah organisasi untuk dapat berjalan secara optimal, berdaya guna dan berhasil guna. Maka semua harus menyamakan visi, persepsi, dan gerak langkah dalam rangka pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan pemerintah daerah. 

“Pada dasarnya segenap jajaran perhubungan adalah pelayan masyarakat dan salah satu garda terdepan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Oleh karena itu marilah kita sikapi tantangan dan tuntutan tersebut dengan pikiran yang jernih dan jiwa besar. Dengan demikian akan melapangkan jalan kita untuk berbuat yang lebih baik dalam mengupayakan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di hari-hari mendatang,” katanya.

Sekda megapreasiasi inovasi dalam pelayanan public yang dilakukan Dishub seperti pendaftaran uji kir online (Temanmu Keren), pembayaran cashless, integrasi angkutan perkotaan (Intanmas), penyelenggaraan angkutan sungai Banyumas (Angsamas), penyelenggaraan angkutan umum massal program buy the service (BTS), database LPJU (Simandala), angkutan pariwisata gratis, parking gate terminal, harus terus dikembangkan demi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Begitupun pula mengenai pelayanan perizinan dibidang transportasi, seperti andalalin, perizinan perparkiran, perizinan angkutan maupun pelayanan di terminal, harus diberikan kemudahan dengan tetap memenuhi ketentuan perundang-undangan yang ada,” lanjut Sekda

Sekda meminta Dinas Perhubungan untuk terus berkomunikasi, berkoordinasi, dan bersinergi dengan segenap pemangku kepentingan.  Hal tersebut selaras dengan tema yang diusung dalam Harhubnas tahun 2021 ini yaitu “Bergerak, Harmonikan Indonesia”. 

“Melalui tema ini diharapkan insan perhubungan dapat bekerja sama, bergerak seirama, serta saling berkolaborasi dengan baik, serta dapat mengesampingkan ego sektoral sehingga mampu membawa perubahan lebih baik bagi sektor transportasi dan memberikan pelayanan paling prima bagi seluruh masyarakat,” lanjut Sekda

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Agus Nur Hadie mengucapakan terima kasih kepada Jajaran Forkompimda, OPD, dam Mitra kerja yang telah memberi dukungan baik melalui karangan bunga maupun ucapan melalui video. Sehingga dihalaman sekitar dishub ada puluhan karangan bunga yang menurutnya ada 59 karangan bunga.

“Terima kasih atas apresisasinya dari semua pihak baik dari Jajaran Forkompimda dan mitra kerja. Hal ini memotivasi kami untuk terus memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat Banyumas,” katanya

Agus menambahkan jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, selama pandemi tidak ada yang WFH. 

“Bahkan jam kerja mereka seperti 24 jam selama sehari dan 7 hari dalam seminggu, mereka selalu siaga, jika ada perintah langsung bergerak,” jelas Agus.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00