Warga Isoman di Banyumas Bisa Nikmati Konsultasi Kesehatan Gratis

dr. Mey Dian Intansari

KBRN, Purwokerto : Mey Dian Intansari, seorang dokter di Kecamatan Kembaran Banyumas memberikan layanan konsultasi bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) secara gratis.

Program konsultasi gratis tersebut disediakan oleh Pemerintah Kecamatan Kembaran bekerjasama dengan dr Mey Dian. Banyak warga di Kecamatan Kembaran yang harus menjalani isoman karena terpapar Covid-19 namun tidak mengerti apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari saat isoman.

“Banyak warga yang sebenarnya mau konsultasi tapi mereka itu bingung konsultasi kemana. Kasus Covid-19 ini kan semakin meningkat, jadi mereka panik minum obat sebanyak-banyaknya atau minum vitamin sebanyak-banyaknya supaya cepat sembuh. Padahal vitamin dan obat itu kan ada dosis maksimalnya,” ungkap dr Mey Dian.

Masyarakat yang ingin berkonsultasi dapat menghubungi nomor yang telah disediakan oleh Kecamatan Kembaran yang nantinya akan diteruskan langsung ke dr Mey Dian.

Berdasarkan keluhan yang disampaikan kemudian dr Mey Dian memberikan saran atau masukkan termasuk obat dan vitamin yang sebaiknya dikonsumsi. Tidak lupa dia juga memberikan edukasi terkait pola makan, istirahat dan olahraga untuk menjaga kondisi tubuh.

“Kalau misalkan butuh obat biasanya saya arahkan ke obat yang tidak butuh resep dokter dan bisa dibeli di apotek. Tapi kalau yang resep dokter tetap saya arahkan untuk berobat,” katanya.

Dengan adanya layanan konsultasi tersebut diharapkan masyarakat bisa tetap tenang dan tidak mudah panik karena kepanikkan justru dapat berdampak pada menurunnya imun tubuh. Dirinya juga berharap agar dokter-dokter di kecamatan lain dapat melaksanakan program serupa untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 yang tengah menjalani isoman.

Sementara itu, Camat Kembaran Omar Udaya menuturkan sejak dimulai sekitar seminggu yang lalu, setiap harinya ada belasan warga yang memanfaatkan layanan konsultasi gratis tersebut.

“Intinya kami menginginkan adanya konsultasi kesehatan gratis bagi masyarakat secara online. Sehingga kami minta tolong ke bu dokter Mey Dian untuk ikut berpartisipasi dan alhamdulillah beliau bersedia,” katanya.

Menurut Omar konsultasi kesehatan kepada pihak yang berkompeten sangat diperlukan agar masyarakat tidak terjebak dengan informasi yang menyesatkan. Salah mengkonsumsi obat atau vitamin justru dapat berakibat fatal bagi kesehatan mereka.

“Supaya yang isoman tidak ragu. Kadang kan orang termakan informasi, telpon si A pakai obat A, telpon si B pakai obat B, telpon si C pakai obat C. Akhirnya diminum semua keracunan malah repot nanti,” lanjutnya.

Berdasarkan data masih ada ratusan warga di Kembaran yang saat ini tengah menjalani isoman. Dikatakan Omar pihaknya juga telah mengupayakan adanya bantuan berupa sembako maupun obat-obatan bagi mereka yang tengah isoman khususnya golongan ekonomi menengah ke bawah.

Layanan konsultasi kesehatan gratis di Kecamatan Kembaran buka dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pada jam tersebut masyarakat dapat berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya kepada dr Mey Dian yang juga merupakan pemilik dari Klinik Dian Brata Medika yang berlokasi di Desa Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00