Kejari Purwokerto Operasi Cek Ketersediaan Obat Covid-19 dan Oksigen

KBRN, Purwokerto : Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto ikut melaksanakan operasi ketersediaan obat dan oksigen ke apotik dan rumah sakit.

Kepala Kejari Purwokerto Sunarwan SH MH mengatakan upaya tersebut merupakan bentuk dukungan pihak kejaksaan dalam penanganan pandemi Covid-19 di tengah pelaksanaan PPKM level 4.

Dia memaparkan, berdasarkan data dari dinas kesehatan ada sebeles jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati pasien yang terpapar virus corona. Hasil operasi menunjukkan nyaris semua apotik kehabisan stok obat-obatan tersebut.

“Rata-rata memang di apotek tidak menjual. Ada biasanya dari sebelas item itu hanya tiga item itupun stoknya kosong. Yang ada itu di rumah sakit, karena wilayah kerja kami kan di Rumah Sakit Ajibarang. Kami coba cek stoknya masih cukup, masih ada,” ungkapnya.

Namun demikian untuk stok obat di rumah sakit masih tercukupi. Selain melihat ketersediaan stok, operasi juga dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya permainan harga.

“Di samping kami melakukan operasi untuk melihat apakah stok obat Covid-19 di apotik cukup, kami juga melihat apakah apotik ini memainkan harga atau tidak. Karena di daerah lain ada yang bermain harga, itu yang harus kami cegah,” ujarnya.

Kepala Kejari Purwokerto Sunarwan manambahkan pihaknya juga masih terus melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran khususnya terkait penanganan pandemi Covid-19. Selain kasus yang sebelumnya sempat mencuat hingga kini belum ditemukan lagi adanya tindak penyimpangan lainnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00