Dalang Cilik Banyumas Dipilih Menjadi Cover Novel Murtijan Si Penakluk Karya Basuki Raharjo

Dalang Cilik Bersama Ahmad Tohari dan Basuki Raharjo

KBRN Purwokerto: Dalang cilik berprestasi Ki Catur Putra Sinatria dipilih oleh novelis Basuki Raharjo sebagai model dalam cover novelnya. Dalam novel setebal 540 halaman itu nampak si dalang cilik berada di tengah-tengah 2 kerbau.

Basuki Raharjo kepada RRI mengatakan (23/6/2021), filosofi dari gambar ini senada dengan pesan moral yang disampaikan yakni pemertasu etnis. Basuki menambahkan alasan dipilihnya si dalang karena profesi dalang itu sendiri menyatukan beberapa etnis dalam satu tujuan.

“Saya sebenernya bisa aja ambil google, tapi saya berusaha nyari yang bener-bener menjiwai dari maksud dari novel ini. Apabila nanti novel ini diangkat di karya lebar, ya nanti mas Catur akan dilibatkan” katanya.

Terpisah Yusmanto, editor dan creator sampul dari novel tersebut mengaku merekomendasikan kepada Basuki atas pertimbangan prestasi dan filosofi dari profesi dalang yang mampu menyakutkan berbagai etnis dalam sebuah tontonan. Karena selama ini dalang juga digunakan sebagai media dakwah di Indonesia.

“Kemarin kita memang memilih dalang ya, dalang cilik yang pas. Tapi susahnya itu waktu pengambilan gambar mas Catur ini takut sama kerbau” ungkapnya.

Diketahui, dalang cilik Ki Catur Putra Sinatria tersebut pernah menjuarai kompetisi dalang cilik tingkat nasional. Saat peluncuran buku tersebut, catur menyempatkan waktu untuk menunjukan kebolehannya dalam macapat. (ARI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00