UNU Purwokerto Gelar Pelatihan dan Penguatan Auditor AMI

KBRN, Purwokerto : Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto kembali melaksanakan workshop yang merupakan rangkaian program pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dihibahkan oleh Dikti. Workshop ke-3 yang dilaksanakan itu terkait dengan "Pelatihan Calon Auditor dan Penguatan Auditor" yang diselenggarakan oleh LP3M UNU Purwokerto di Meotel Hotel Purwokerto pada tanggal 19-20 Juni 2021.

Ketua LP3M UNU Purwokerto Ade Christanty Yudha Bestari, S.S., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama Program Bantuan Pengembangan SPMI Dikti 2021  yang telah ditentukan yakni Adanya Penugasan dosen sebagai tim audit/evaluasi salah satunya untuk memenuhi kompetensi dosen.

“Setiap dosen berkesempatan menjadi auditor, sehingga kapabilitas audit UNU Purwokerto semakin kuat,” katanya.

Tujuan lainnya, sambung Ade, yakni tersusunnya tugas pokok dan fungsi (tupoksi) personalia untuk pelaksanaan Penjaminan Mutu. Tupoksi personalia dalam pelaksanaan penjaminan mutu antara lain untuk mengkoordinasikan terlaksananya Audit Mutu Internal (AMI) pada Program Studi yang ada di UNU Purwokerto.

Menurut Ade kegiatan workshop AMI dilakukan untuk menjamin kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen sebagai auditor dalam rangka meningkatkan komitmen dan pemahaman proses penjaminan mutu pendidikan tinggi sehingga mampu melaksanakan standar mutu yang sudah ditetapkan.

Rangkaian materi yang diberikan dalam workshop AMI antara lain pengantar budaya mutu yaitu SPMI, pengantar Audit Mutu Internal (AMI), etika auditor, dan teknis evaluasi AMI pada implementasi PPEPP SPMI.

“Sebagai tindak lanjut kegiatan workshop adalah terlaksananya AMI dengan tahapan perencanaan AMI, pelaksanaan audit dokumen, pelaksanaan audit lapangan dan pelaporan AMI,” terang Ade.

Rektor UNU Purwokerto, Prof. Dr. Rochadi Abdulhadi mengapresiasi upaya yang telah dilaksanakan LP3M UNU Purwokerto terkait dengan penjaminan mutu. Dirinya berharap ke depan UNU Purwokerto dapat memiliki auditor-auditor handal demi meningkatnya kualitas pendidikan di UNU Purwokerto.

"Saya lihat LP3M semangat membuat kegiatan-kegiatan untuk penjaminan mutu, silakan mengikuti acara pelatihan auditor ini semoga nantinya UNU Purwokerto memiliki auditor-auditor mutu yang kompeten demi meningkatnya mutu," katanya.

Secara umum rangkaian program pengembangan SPMI yang ke-3 ini berfokus untuk membentuk Auditor untuk Audit Mutu Internal (AMI) serta menguatkan Auditor yang telah dimiliki UNU Purwokerto. Total peserta dalam acara ini sejumlah 40 dosen yang terdiri dari 13 auditor dan 27 calon auditor.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Ir. Juni Sumarmono, M.Sc.,Ph.D dari Unsoed Purwokerto (Fasilitator nasional SPMI) dan Dr. Nova Rijati, S.Si., M.Kom (fasilitator LLDIKTI VI) dari Udinus Semarang. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00