Banyumas Akan Bangun Rumah Sakit Darurat Covid- 19

KBRN, Banyumas : Bupati Banyumas Achmad Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri L, mengunjungi Hotel Rosenda Baturraden Banyumas Selasa (22/6/2021) sore. Hotel tersebut nantinya akan digunakan sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid- 19, perluasaan RSUD Banyumas.

 Sejak tiga hari lalu, Hotel Rosenda sudah difungsikan sebagai tempat karantina terpusat, dengan kapasitas 60 kamar. 

Husein menerangkan warga Banyumas yang terjangkit Covid- 19 semakin banyak, sehingga perlu adanya tambahan rumah sakit untuk penanganan Covid-19. 

Nantinya jika sudah beroperasi rumah sakit darurat, di Hotel Rosenda mampu menampung 330 pasien, terdiri dari pasien yang berada di kamar hotel sebanyak 60, cottoge  sebanyak 30 kamar, ruang pertemuan dan ruang makan. 

Menurut Husein dimungkinkan rumah sakit darurat ini, akan mulai beroperasi pada pekan ini. Sehingga tenaga medis,   peralatan medis dan lain sebaginya akan mulai disediakan mulai Rabu (23/6/2021). 

“ Rumah sakit darurat ini, merupakan pengembangan dari RSUD Banyumas atau diampu oleh RSUD Banyumas,”kata Husein.

Sementara itu, Penangungjawab Karantina Rosenda Saeful mengatakan, hingga Selasa petang jumlah sudah terdapat 85 pasien,  karena pasien terus berdatangan mulai Rabu esok akan ditambah Cottage, dengan kapasitas pasien bisa mencapai 120 orang. 

“ Kapasitas total 120 orang, terdiri dari 60 kamar. Untuk kamar yang ada di Cottage baru akan dibuka besok,”kata Saeful. 

Rumah sakit darurat ini, rencananya akan digunakan untuk pasien dengan gejala ringan- sedang. Sedangkan untuk pasien Covid- 19 dengan gejala berat, tetap ditangani di sejumlah rumak sakit baik milik Pemerintah maupun swasta.  (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00