Dapat Penghasilan Ratusan Juta Dari Youtube, Ini Tips Ala "Siboen Channel"

Tangkapan layar dari salah satu video Siboen Channel

KBRN, Purwokerto : Siapa sangka melalui hobinya di bidang otomotif khususnya dunia perbengkelan, Siswanto alias Siboen mampu meraih penghasilan hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Melalui kanal youtubenya, warga desa Kasegeran Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tersebut rutin membagikan tutorial mengenai dunia otomotif. Kepada RRI, Selasa (15/6/2021), dia mengatakan awalnya dia iseng melihat video youtube mengenai tutorial sepeda motor, namun dia merasa tidak menemukan kanal youtube dengan tutorial yang mudah dipahami.

“Saya sebagai seorang mekanik saja kesulitan apalagi orang awam. Dari situlah lahir ide untuk membuat konten yang paling simpel, mudah dimengerti dengan bahasa yang akrab sehari-hari,” katanya.

Ternyata video yang dia buat mendapat respon yang positif dari warganet. Saat ini kanal youtube yang telah dikelola sejak tahun 2017 tersebut telah memiliki lebih dari 1,3 juta subscribers.

Siboen menceritakan awal mula dirinya merintis karir di dunia youtube sempat terkendala peralatan yang seadanya. Namun dengan pantang menyerah dari alat yang seadanya kini telah berkembang, bahkan dia kini memiliki banyak binaan youtuber-youtuber pemula yang belajar darinya.

“Awal berjuang itu masalah adalah perangkat yang kurang mendukung, jaringan dan sebagainya. Terus bagaimana rumitnya mencari viewer karena belum dikenal oleh siapapun,” ungkapnya.

Dia berpesan kepada siapapun yang berminat untuk menjadi youtuber agar jangan mudah menyerah. Dia juga menyarankan agar dalam membuat kanal haruslah sesuai dengan minat yang dimiliki dan tidak hanya mengikuti tren saja.

“Agar kita tidak mudah menyerah lakukan karena anda suka. Buatlah konten sebagaimana yang anda pahami, sebagaimana yang anda bisa. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti trending karena nanti bakal frustasi ketika tidak mendapat viewer,” pungkasnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00