Pemkab Banyumas, Siapkan Kartu Pelanggar Prokes

Petugas melakukan Penyemprotan Pasar tradisional, beberapa waktu lalu

KBRN, Banyumas : Mencegah penyebaran Covid-19 di Banyumas, Satgas Kabupaten membuat kebijakan baru dengan menyiapkan kartu pelanggaran Prokes  layaknya dalam pertandingan Sepakbola. 

Yakni kartu kuning ( surat peringatan pertama). Kartu orange ( surat peringatan kedua) dan kartu merah ( surat peringatan ketiga). 

Kepala BPBD Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan, Satgas Covid- 19, berserta Dinas terkait di Banyumas telah melakukan rapat kordinasi pada pekan kemarin. Untuk mencegah penyebaran Covid- 19 di pusat perbelanjaan ataupun toko. 

Hasilnya mulai pekan ini atau Senin (14/6/2021) akan dillakukan sosialisasi, pengunaan kartu kepada pelaku atau pengelola pusat perbelanjaaant. Sosialisasi juga dengan memberikan suart kepada pengelola pusat perbelanjaan, pasar tradisional dan pemilik toko. 

Setelah dilakukan sosialisasi, maka akan dilakukan ujicoba dan selanjutnya pelaksanaan peraturan ini. Menurut Titik, pelanggaran berupa kartu merah, Pemkab Banyumas memberi sangsi pencabutan surat izin penempatan (SIP). 

“ Nanti kita cetak ada tiga kartu, kartu kuning, kartu orange dan kartu merah. Artinya SP 1 , SP 2 dan SP 3. Kalau SP 3 berati penutupan toko,”terang Titik.

Kabid Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), Sarikin menerangkan pihaknya akan menyiapkan teknis pelaksaanya. Seperti untuk pasar tradisional, petugas keamaan pasar, akan mengawasi Prokes. Selain itu mereka juga bertugas untuk mengingatkan Prokes di Pasar. 

“ Khususnya di Pasar kami menyiapkan petugas keamanan, dan kebesihan pasar untuk melakukan pengawasaan. Walaupun itu, setiap setengah jam, kami mengingatkan kepada pedagang mengenai Prokes melalui pengeras suara yang ada di pasar,”kata Sarikin. 

Saat ini Pemerintah Kabupaten Banyumas, mengelola 26 Pasar Tradisional, selain itu terdapat puluhan pasar tradisional yang dikelola oleh Pemerintah Desa. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00