Selain Menjadi Destinasi Wisata, Curug Gong Selamatkan Kekeringan Warga Tipar Rawalo

KBRN Purwokerto : Di Kecamatan Rawalo Banyumas Bagian Selatan, kekeringan selalu mengintai ketika kemarau. Pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari sangat dibutuhkan ketika kekeringan melanda.

Namun, setelah salah satu curug atau air terjun yakni Curug Gong diberdayakan oleh Pemerintah Desa Tipar, kekeringan di Desa menjadi lebih teratasi.Selain sebagai tempat wisata untuk menopang perekonomian warga sekitar, Curug Gong juga dimanfaatkan mata airnya untuk dialirkan melalui pipa-pipa yang terhubung ke masing-masing rumah di desa tersebut.

Salah satu warga Desa Tipar Caca (27) kepada RRI mengatakan, air yang di sedot dari curug gong mengalir setiap hari ke rumahnya. Dirinya mengaku sangat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

"Setiap hari saya selalu memanfaatkan air dari Curug Gong untuk kebutuhan air bersih saya, sangat terbantu dengan adanya program ini mengingat ketika kekeringan sumur saya kan kering" katanya.

Selain dimanfaatkan sumber mata air, curug gong juga ramai wisatawan lokal untuk menikmati akhir pekan. Pantauan RRI wisatawan yang datang mengindahkan penerapan protokol kesehatan. (ARI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00