Perpustakaan SMA Negeri 1 Ajibarang Juara 2 Tingkat Jawa Tengah

KBRN Banyumas: Perpustakaan Sekolah "Pustaka Smana" SMA Negeri 1 Ajibarang menjadi juara 2 pada lomba perpustakaan sekolah tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

Perpustakaan sekolah ini harus mengakui keunggulan dari perpustakaan sekolah SMAN 1 Bobotsari Purbalingga yang menjadi juara 1.

Kepala Perpustakaan “Pustaka SMANA” SMA Negeri 1 Ajibarang Ir’syam Prihadi, S.Sos., M.Si mengaku bersyukur "Pustaka Smana" bisa meraih Juara 2 Tingkat Propinsi. Menurutnya juara bukanlah target utama, tapi bagaimana mengedukasi warga sekolah,  masyarakat untuk literan dan menguatkan minat baca masyarakat sehingga bangsa Indonesia lebih maju dalam budaya membaca.

"Kita terpaut 8 nilai dengan juara 1," katanya Sabtu (12/06/2021).

Dalam mensukseskan gerakan literasi sekolah dan mewujudkan sekolah sebagai taman belajar, menurut Irsyam, tim perpustakaan SMA Negeri 1 Ajibarang telah membuka akses perpustakaan dan melakukan pembiasaan berliterasi bagi warga sekolah. Keikutsertaan dalam lomba perpustakaan sekolah ini termasuk menjadi media promosi penguatan literasi di wilayah Kabupaten Banyumas. 

"Sebagai perpustakaan sekolah yang telah terakreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI, pada tahun 2021 ini Pustaka SMANA SMA Negeri 1 Ajibarang, telah menjadi tempat rujukan dari berbagai perpustakaan di wilayah Kabupaten Banyumas, dari perpustakaan SD, SMP, SMA/SMK, perpustakaan desa, maupun Taman Bacaan Masyarakat," tambahnya.

Pelaksana tugas kepala sekolah di SMA Negeri 1 Ajibarang Shobirin Slamet, S.Pd., M.Si, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung keberadaan perpustakaan SMA Negeri 1 Ajibarang. Pihaknya terus berupaya mengembangkan perpustakaan terkait dengan pemenuhan sarana prasarana maupun peningkatan Sumber Daya Manusia yang menjadi prioritas pengelolaan perpustakaan di era sekarang ini. 

"Perpustakaan dituntut berkembang menyongsong jaman yang semakin maju. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar tidak lagi sekedar tempat membaca, peminjaman, dan koleksi buku saja. Kebutuhan masyarakat sekolah akan ilmu pengetahuan  dan wawasan global memerlukan sarana pra sarana yang memadai," katanya

Perpustakaan SMAN 1 Ajibarang dengan program-program keunggulan terus mengembangkan dan meningkatkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan (intelektual, emosional dan spiritual) peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar. 

Pustaka Smana berhak mewakili Banyumas setelah dalam lomba tingkat Kabupaten Banyumas berhasil mengungguli perpustakaan SMECONE SMK Negeri 1 Purwokerto dan perpustakaan DILIGENT SMK Telkom Purwokerto.

Hasil lengkap lomba perpustakaan sekolah tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2021, juara 1  SMAN 1 Bobotsari Purbalingga, juara 2 SMAN 1 Ajibarang Banyumas, juara 3 SMAN 1 Prembun Kebumen, juara harapan 1 SMKN 1 Wonosobo, juara harapan 2 SMAN 1 Gemolong Sragen, dan juara harapan 3 SMA N 2 Bae Kudus.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00