Vihara Graha Bhavana Plandi Disemprot Desinfektan

KBRN, Banyumas: Pengurus Vihara  Graha Bhavana Grumbul Plandi Desa Watuagung Kecamatan Tambak kabupaten Banyumas, melakukan penyemprotan cairan disinfektan di vihara Minggu (9/5/2021).

Kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan secara berkala sebagai antispasi penyebaran virus korona.

Ketua Vihara  Graha Bhavana Romo Tukiran mengatakan meski Umat Buddha Plandi  tidak ada yang terpapar Covid-19, tapi jajaran pengurus Vihara selalu menjaga prokes termasuk melakukan penyemprotan disinfektan ditempat ibadah.

"Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Watuagung. Ini penyemprotan ketiga sejak adanya Pandemi covid-19," katanya.

Dia menambahkan Vihara tersebut selain untuk upacara hari hari besar agama yaitu Waisak, Asadha, Kathina dan Magha Puja juga untuk kegiatan rutin mingguan.

"Kegiatan yang rutin selain hari raya adalah puja bhakti  tiap malam Minggu dan malam Jumat, Sekolah Minggu Buddhis dan kegiatan Wandani tiap hari Rabu," tambahnya.

Pihak Vihara terus berupaya memberikan rasa aman bagi sekitar 100 umat dari 40 KK dan memastikan tempat ibadah bersih dan aman. Agar mereka dalam melakukan ibadah juga tenang.

"Meski demikian kami selalu mengingatkan kepada Umat Buddha agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan," lanjutnya.

Biasanya umat bergantian melakukan kebaktian, dilanjutkan Dhammadesana atau ceramah dari Romo Tukiran ataupun umat lain yang mempunyai pengetahuan Dhamma (Ajaran Buddha) secara bergantian.

"Kalau ada Bhante ya Dammadessana atau ceramah oleh Bhante," pungkasnya. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00