Jelang Lebaran, Di Pasar Tradisional, Tanaman Hiaspun Diserbu Ibu Ibu

KBRN, Purwokerto ; Lima Hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, tak hanya kebutuhan pokok masyarakat yang meski mengalami kenaikan harga  tajam, namun juga tanaman hias pun sepekan ini naik tajam .

Salah seorang penjual  Samingun ( 65 ), kenaikan harga tanaman hias  baru beberapa hari ini selain dipicu sudah masuk kemarau , juga dari pusatnya memang harganya sudah berubah .

" Biasa kalau musim kemarau memang  harga tanaman hias naik kan perawatannya sulit, butuh air  banyak , terus permintaan juga naik ini, ditambah dari pusatnya juga sudah pada  naik " ungkapnya.

Samingun menambahkan, sebenarnya tak semua harga tanaman naik hanya item tertentu seperti  angggrek bulan yang semula Rp.110. ribu per pot  kini Rp.125. ribu. Sementara aglonema katanya hanya  naik kisaran Rp.10 per pot untuk jenis aglonema.

Pantauan RRI Sabtu (8/5/2021 ) di Pasar Manis Sokaraja Kidul, Banyumas, kios kios penjual tanaman hias  yang terletak di area parkir  yang disediakan pengelola pasar  memang nampak banyak didatangi ibu ibu yang telah usai berbelanja. Penuturan salah seorang pembeli Isah ( 45 ) dirinya memang rutin membeli tanaman hias di pasar  itu karena harganya relatif  murah.

" Dibanding di kios kios lain di luar pasar, harga disini memang lebih murah dan bisa ditawar lagi. Cuma kalau aglonema, anggrek dan yang mahal mahal itu sama saja ya. Saya sih belinya yang murha murah saja kisaran Rp.25 ribu per pot ' kata Isah.

Selain kada 6 kios yang disediakan oleh UPT pasar, nampak jika hari sabtu minggu ada beberapa penjual tanaman hias dadakan di Pasar itu menggunakan kendaraan bak terbuka  dan sepeda motor yang telah disulap. Sebagian mengaku berasal dari wilayah karangcengis Purbalingga  dan wilayah Baturaden. (ind)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00