PMI Banyumas  Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Lansia Komorbid Risti

KBRN, Purwokerto: PMI Kabupaten Banyumas mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia dengan komorbid risiko tinggi (Risti). Pemeriksaan bertjuan agar lansia dengan komorbid resiko tinggi tidak terpapar Covid-19.

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono melalui Kepala Bidang Pelayanan Sosial dan Donor Darah dokter G Wulandari mengatakan pemeriksaan bagi lansia dengan komorbid resiko tinggi untuk mencegah penyebaran Covid-19 merupakan yang pertama dilakukan di Banyumas.

"Program pencegahan penyebaran Covid-19 untuk lansia dengan komorbid resiko tinggi yang pertama kali ini dilaksanakan di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara. Jumlah peserta yang ikut sekitar 50 orang warga Kelurahan Purwanegara,'' kata Wulandari.

Kelurahan Purwanegara dipilih menjadi lokasi pertama pemeriksaan kesehatan bagi lansia dengan komorbid resiko tinggi, menurut dia karena berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, merupakan wilayah dengan kasus Covid-19 yang cukup banyak. Dia mengatakan pemeriksaan yang dilakukan kepada para lansia komorbid resiko tinggi berupa penimbangan berat badan, pengukuan tensi dan suhu tubuh serta cek gula darah.

"Para lansia juga diberi penyuluhan tentang protokol kesehatan yakni tentang 5M, memakai masker, 

mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi kontak dengan orang lain. Dengan ikut sosialiasi diharapkan para lansia membiasakan diri hidup bersih dan sehat. Kalau sudah bersih dan sehat, para lansia tidak mudah tepapar Covid-19,'' ujar Wulandari.  

Menurut dia pemeriksaan kesehatan sekaligus penyuluhan kepada para lansia komorbid resiko tinggi merupakan bentuk perhatian dari PMI Banyumas agar mereka tidak terpapar Covid-19. ''PMI punya rencana akan berkeliling melakukan kegiatan serupa di kelurahan/desa dengan sasaran lansia komorbid resiko tinggi,'' terangnya.

Selain diperiska dan mengikuti penyuluhan, para lansia yang hadir juga diberikan maskerm hand sanitizer, makanan multivitamin dan poster berisi ajakan untuk patuhi protokel kesehatan.

Lurah Purwanegara Dwi Estri Astuti yag memanatu kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim kesehatan PMI Banyumas yang juga didukung oleh Dnas Kesehatan Banyumas.

"Kegiatan sangat bermanfaat bagi lansia yang umumnya komorbid di Keluarahan atau Pos Paud, karena selama pandemi tutup. Mereka juga tidak bisa kontrol kesehatannya ke Puskesmas karna jauh. Kalau bisa pemeriksaan kesehatan bagi lansia bisa dilaksanakan lagi,'' pinta Lurah Purwanegara.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00