Hari Guru Nasional 2020, Guru Menjadi Contoh Prokes

Simulasi pembelajaran tatap muka, yang dilaksanakan di Banyumas beberapa waktu lalu

KBRN, Banjarnegara : Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020, berlangsung ditengah- tengah pandemi. Sehingga guru diharapkan menjadi contoh  bagi siswa didiknya, dalam penerapan protokol kesehatan ( Prokes) pencegahan Covid- 19. 

Humas Asosiasi Guru Sejarah Indonesia ( AGSI) Heni Purwono mengatakan pandemi Covid-19, membuat tananan kehidupan berubah. Termasuk dalam bidang pendidikan, yang menerapkan pembelajaran jarak jauh. 

Selain tantangan memberikan materi yang memadai melalui teknologi komunikasi, juga guru harus menjadi contoh yang baik dalam penerapan Prokes. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan juga menjaga jarak. Sebab sosok guru sangat dominan, dalam pembentukan karakter anak didiknya.

 Heni di Banjarngera Rabu ( 25/11/2020) menjelaskan, dalam setiap pembelajaran jarak jauh, selain menekankan Prokes juga mengajarkan kepada anak didiknya untuk adaptif dalam segala hal termasuk dalam menghadapi pandemi. 

Sebab pandemi sering berulang, hanya manusia terpilih dan adaptif yang mampu melewati pandemi.

“ Pandemi Pes di tahun 1912 itu juga sama, masyarakat menghadapi pandemi. Salah satu kunci keberhasilan menghadapi pandemic, yah kedisplinan masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan,” kata Heni. 

Sementara itu, Guru Fisika SMAN 1 Sigaluh  Banjarnegara Iva Nandya mengatakan guru mempunyai tangung jawab besar dan peran penting di saat badai pandemi. Untuk memastikan anak didiknya sehat, dan terbebas dari penyakit. 

Selain ketrampilan guru dalam penguasan teknologi juga saat penting, dalam menunjang pembelajaraan jarak jauh ( daring).

“ Di era pandemi saat ini, guru memiliki tangungjawab dan peranan penting, dalam memastikan keselamatan peserta didik. Dengan cara memberikan pengetahuan dan penguatan secara aktif, agar pemahaman peserta didik lebih meningkat untuk mentaati semua protokol kesehatan,” kata Iva.

Sedangkan PGRI Banjarnegara dalam HGN 2020 yang diperingati setiap 25 November 2020, tidak ada kegiatan dikarenakan pandemi. Termasuk tidak digelarnya  upacara bendera, yang biasa dilaksanakan setiap berlangsung HGN. (RA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00