Layani Maysrakat, 12 Kelurahan Di Banjarnegara Gunakan Aplikasi Sisdes

KBRN, Banjarnegara: Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Drs. Indarto, M.Si, menyerahkan Aplikasi Sisdes dari Ultranesia Purwokerto kepada dua belas kelurahan di Kabupaten Banjarnegara, Rabu (15/7/2020) di Ruang Aula Sasana Karya Praja Setda.

Sisdes merupakan platform pelayanan publik yang berfokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa / kelurahan. Aplikasi ini merupakan hibah yang diberikan oleh Ultranesia Purwokerto kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara senilai Rp 97.000.000,-.

Drs. Indarto, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Direktur Ultranesia yang telah berkenan menghibahkan Aplikasi Sisdes untuk mendukung pelayanan administrasi di dua belas Kelurahan.

“Semoga partisipasi Saudara dapat meningkatkan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara kepada masyarakat” katanya

Menurut Sekda Indarto, Desa/Kelurahan merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, sehingga dengan perkembangan teknologi dan dukungan regulasi yang ada, sangat memungkinkan desa/kelurahan khususnya di Kabupaten Banjarnegara untuk berkembang dengan pesat baik secara pembangunan fisik maupun terkait administrasinya” katanya.

Beberapa desa di Kabupaten Banjarnegara, telah membangun aplikasi yang terkoneksi dengan Dindukcapil Banjarnegara dalam hal pemanfaatan data penduduk, sehingga pelayanan kepada penduduk menjadi lebih mudah, cepat dan akurat, karena data penduduk tidak lagi di input secara manual tetapi langsung mengambil data terupdate dari Dindukcapil.

Fariz Sidik, Direktur Ultranesia Purwokerto mengatakan Sisdes untuk kelurahan berbeda dengan Sisdes desa, kalau Sisdes desa menyediakan menu update berita dan info, publikasi produk desa serta layanan pelayanan surat, sedangkan Sisdes kelurahan hanya fokus pada pelayanan data kependudukan.

“Sisdes merupakan aplikasi yang berfokus pada pelayanan administrasi di tingkat desa dan kelurahan, aplikasi ini dapat digunakan untuk pembuatan permohonan surat pindah, surat nikah dan surat menyurat lainnya” katanya.

Dia menjelaskan, dengan aplikasi sisdes surat-surat tersebut terekam, terdigitalisasi dan terarsip dalam sistem database. Selain itu penomoran surat juga terbuat otomatis sehingga mengurangi duplikasi dan redenominasi penomoran surat.

Aplikasi ini juga sudah melalui tahap uji coba dan telah diterapkan di beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Banjarnegara. Dengan dihibahkannya aplikasi ini dia berharap agar seluruh keluruhan dapat lebih mudah mengakses data dari dindukcapil sehingga dapat mendukung pemanfaatan pelayanan  data kependudukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00