Pemuda Banjarnegara, Bangun Stasiun Cuaca Dieng

KBRN, Banjangera : Havid Adhitama,  mahasiswa Unnes yang pernah mencipta radio yang terlacak satelit Lapan,  kini membuat sensasi lagi.  Bersama kawannya,  ia mencipta stasiun cuaca khusus untuk Dieng,  dengan nama "Dieng Weather Station".

Menurut Havid,  stasiun cuaca yang dipasang di dataran tinggi Dieng ini  merupakan sebuah prototype produk yang masih dalam tahap pengembangan. 

"Dalam alat ini, kami mengutamakan kemudahan akses pada wisatawan dataran tinggi Dieng dengan membuat berbagai pilihan akses. Bisa melalui web di www.diengbanjarnegara.com/cuaca-dieng atau melalui aplikasi “Cuaca Dieng” yang sudah tersedia di Playstore" jelasnya di Dieng Kamis (9/7/2020).

Ia menambahkan,  bahwa alat ini berbasis Microcontroler yang diprogram agar bisa mengirim data Temperatur, Kelembapan dan tekanan udara setiap 5 menit ke internet server.

 "Sehingga data yang termonitor di aplikasi ataupu web adalah data real time dari Dieng. Semua orang bisa mengakses kapan saja di mana saja.  Cocok untuk yang sedang riset atau menunggu bun upas atau salju di Dieng" tambahnya.

Pengiriman data stasiun cuaca ini melalui format APRS dan MQTT. Havid mengembangkan alat ini bersama dengan AMSAT-ID (Amataeur Satelite Indonesia) yang berada  di bawah naungan Organisasi Amatir Radio Indonesia.

“Alat ini masih terus kami pantau dan terus disempurnakan, terkait dengan durability ketika alat terpapar suhu ekstrim, ketika harus hidup selama 24 jam non-stop, dan juga terkait kemudahan pengguna dalam mengaksesnya. Disini saya dibantu oleh Muhammad Razin yang mengembangkan Aplikasi interface dari alat ini” pungkasnya. (HP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00