Kembangkan Ideologi Pancasila, SMA N 1 Purwareja Rilis Buku "Antologi Puisi Pancasila"

KBRN, Banjarnegara : Prihatin dengan banyaknya pemberitaan di berbagai Media mengenai propaganda yang mengatasnamakan ideologi, SMA Negeri 1Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara mengajak anak didiknya untuk membuat puisi yang bertemakan Pancasila.

Tidak hanya itu, kumpulan puisi tersebut kemudian dibukukan dan sudah diakui oleh perpustakaan Nasional.

Kepada RRI, Selasa (2/6/2020), Guru PPKn SMA N 1 Purwareja, Eko Priyono mengatakan, Buku Antologi Puisi Pancasila menceritakan tentang Pancasila sebagai dasar negara yang juga menjadi pandangan hidup bangsa.

“Pancasila juga menjadi filsafat dan kepribadian bangsa,” tambahnya.

Total terdapat 40 puisi terkait Pancasila dalam buku ini.

Puisi dalam Buku Antologi Puisi Pancasila ditulis sendiri oleh siswa—siswi SMA N 1 Purwareja yang kemudian diseleksi dan disunting sebelum dibukukan.

Buku ini dirilis untuk konsumsi umum dan akan diedarkan khususnya kepada kalangan pendidik di seluruh Indonesia.

“Para siswa kami minta menulis puisi. Lalu dengan bahasa remaja mereka menggambarkan ideologi Pancasila ke dalam bentuk puisi,” ujar Eko.

Pada prosesnya,  Buku Antologi Puisi Pancasila membutuhkan waktu 6 bulan sebelum diterbitkan.

“Kami sudah menggagas buku ini sejak awal tahun,” terangnya.

Terkait peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni kemarin, Eko mengajak masyarakat untuk bergotongroyong dan bekerjasama guna menyelesaikan permasalahan yang timbul akibat pandemi Covid-19 yang tengah melanda.

Meski dunia pendidikan juga terkena dampak pandemi, Ia berpesan kepada para siswa untuk tetap belajar dengan sungguh—sungguh sehingga dapat membuahkan hasil dan kelak meraih kesuksesan. (Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00