Jadi Sekolah Berintegritas, SMAN 1 Sigaluh Dimonitoring

KBRN, Banjarngera : Sejak Agustus 2018, SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara, telah ditetapkan sebagai Sekolah Berintegritas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama 22 sekolah lain di Jawa Tengah. Untuk memantau pelaksanaan program Sekolah Berintegritas, Kamis (12/12/2019) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan monitoring.

Pengawas Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Edi Drajat yang melaksanakan monitoring tersebut mengatakan bahwa monitoring tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa sekolah piloting telah menjalankan programnya dengan baik. 

“Kami lihat di SMA Negeri 1 Sigaluh mulai membudaya karakter integritasnya, baik siswa maupun gurunya. Kalau masih ada kekurangan di sana-sini, itu wajar karena baru setahun program ini berjalan. Tapi dari sisi inovasi, harus diakui bahwa sekolah ini memiliki banyak kelebihan dibanding sekolah lain” jelas Edi.

Keunggulan tersebut, tambah Edi, terletak pada program presensi mandiri antikorupsi, pin kejujuran saat ulangan dan juga pembiasaan aktivitas ibadah sholat berjamaah dengan presensi mandiri.

 “Memang, ada beberapa program yang ketika kami mewawancarai siswa dilakukan dengan keterpaksaan, tapi banyak juga yang dengan sukarela melaksanakan program integritas. Artinya, budaya integritas sudah mulai tumbuh. Nilai-nilai integritas juga tidak terbatas seputar kejujuran, sekolah ini juga mulai menyasar program ramah llingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dan juga penumbuhan karakter kepedulian dengan kebiasaan berbagi melalui program infaq rutin setiap Selasa dan Jumat” tambah Edi.

Koordinator Program Sekolah Berintegritas SMA Negeri 1 Sigaluh Heni Purwono mengungkapkan, pihaknya berusaha agar menjadi piloting Sekolah Berintegritas yang nantinya dapat diimbaskan ke sekolah lain. 

“Melalui program ini, kami berharap karakter integritas mampu benar-benar ditanamkan melalui dunia pendidikan. Kami berharap tidak hanya sekolah kami yang melaksanakan program ini, namun kedepannya harapannya semua sekolah juga melaksanakannya. Termasuk juga, semua mata pelajaran saya harap juga mengintegrasikan nilai-nilai integritas dalam setiap pembelajarannya” harap Heni. (HP). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00