Memeriahkan HUT ke 77 RI, Ini yang dilakukan SD Negeri 1 Tanjunganom Rakit Banjarnegara

KBRN, Banjarnegara ; Berbagai cara dilakukan sekolah untuk memperingati dan memeriahkan HUT ke 77 Republik Indonesia.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 RI, SD Negeri 1 Tanjunganom melaksanakan berbagai kegiatan yang dimeriahkan oleh  guru dan anak-anak. 

Pada hari Rabu, (11/8/2022)  diselengarakan parak lele di kolam sekolah. Suasana riuh dan gelak tawa terdengar di kolam sekolah, Anak-anak terlihat basah dan kotor pada kegiatan parak lele.

Anak-anak senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah.Kepala SD Negeri 1 Tanjunganom Zulkarnain Subur Riyanto mengatakan selain kegiatan parak lele ada kegiatan lain yang dilakukan diantaranya kegiatan menghias gapura di depan kelas masing-masing,  lomba makan kerupuk, membawa kelerang, lomba joged balon, permainan memasukkan paku ke botol secara berkelompok, dan permainan ayam bebek bertelur.

Lebih lanjut Subur menjelaskan adapun jenis kegiatan dan permainan yang di adakan adalah permainan-permainan menarik yang sudah biasa di temui siswa di lingkungan tempat tinggalnya.

" Harapannya dengan kegiatan ini kita berharap siswa kita ini untuk lebih mencintai NKRI dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara kita ini.Siti Munjiyati guru SDN 1 Tanjunganom mengatakan dengan diadakan berbagai lomba dan permainan  diharapkan dapat menumbuhkan sikap gotong royong, kreatif, mandiri dan cinta tanah air. Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan dapat menumbuh kembangkan kreatifitas guru dan siswa agar mendukung tercapainya tujuan pendidikan menuju Profil Pelajar Pancasila.  

Selain iti guru mendukung program Sekolah tersebut karena siswa dapat menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Gotong royong, mandiri, kreatif yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah dan masyarakat, kata Siti MunjiyatiDengan dilaksanakannya kegiatan ini, siswa terlihat riang gembira. Mereka sangat menikmati kegiatan.

 Anak-Anak merasa  puas dan bahagia, karena mereka telah mengikuti kegiatan bersama teman-teman.Ditemui di lapangan ketika kegiatan lomba, Galih Aulia rahman Siswa SDN 1 Tanjunganom mengatakan kami sangat gembira dengan kegiatan ini, kecerian, kekompakan dan kebersamaan dalam lomba ini membuat kami semakin paham akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan karena untuk bisa menang kita perlu bersatu, terang Galih dengan sumringah.

“Saya sangat senang karena dapat mengikuti permainan dan perlombaan yang diadakan disekolah. Semoga  bulan Agustus tahun depan diadakan lagi dan hadiahnya lebih banyak dan menarik”, Ujar Galih Aulia Rachman 

Korwilcamdikpora Kecamatan Rakit  Subiarto, mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati dan memeriahkan peringatan hari ulang tahun  kemerdekaan Republik Indonesia. Lebih lanjut disampaikan ditengah perayaan hari ulang tahun kemerdekaan ini, Subiarto berharap dapat  membangkitkan kembali semangat patriotisme para pendahulu bangsa yang dengan penuh semangat dan gagah berani mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan. Semangat ini hendaknya dapat ditiru oleh generasi muda untuk melanjutkan dan mengisi kemerdekaan dengan semangat patriotisme, rela berkorban dan nasionalisme. 

“Mari kita terus berbenah dan terus tingkatkan wujud patriotisme dan nasionalisme kita untuk kemajuan bangsa ini ke depan”, Ujar Subiarto.( IND).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar