Satukan Tekad, Guru PAUD Rakit Banjarnegara Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka

KBRN, Banjarnegara: Peran guru sangatlah penting dalam dunia pendidikan sehingga guru harus fleksibel dalam beradaptasi terhadap kebijakan-kebijakan yang berlaku dalam dunia pendidikan, tidak terkecuali untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ada tiga pilihan untuk sekolah yang akan menerapkan kurikulum merdeka yaitu implementasi kurikulum merdeka mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. PAUD di kecamatan Rakit Banjarnegara berdasarkan pilihan satuan pendidikan semua memilih implementasi kurikukum merdeka mandiri berubah.

Berbagai upaya persiapan mengahadapi Tahun Ajaran 2022/2023 dilakukan oleh Guru PAUD di Kecamatan Rakit Banjarnegara untuk peningkatan kualitas dan kompetensi guru dalam melaksankan tugas di satuan pendidikan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melakukan Rapat Koordinasi dan persiapan menghadapi tahun ajaran baru dan impelentasi kurikukum merdeka. Kegiatan dilaksanakan di aula korwilcamdikpora kecamatan Rakit pada hari Senin 4 Juli 2022.

Rapat koordinasi dihadiri korwilcamdikpora Kecamatan Rakit, Pengawas, Penilik PNF dan perwakilan dari Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan Himpunan Pendidik dan Tenaga kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di kecamatan Rakit.

Korwilcamdikpora Kecamatan Rakit Subiarto kepada RRI Selasa (5/juli /2022) menjelaskan,  pertemuan rapat koordinasi dilakukan untuk menyatukan pemaham,  visi dan misi derap langkah ke depan, sekaligus untuk menampung ide atau gagasan dari guru PAUD untuk menjalin kerjasama dalam peningkatan mutu pendidikan dan kompetensi guru.

Lebih lanjut dia menjelaskan,  ada sebuah harapan bahwa kerjasama dan dan koordinasi yang yang baik dan solid akan menghasilkan program yang baik.

“Saya optimis dengan semangat serta kerjasama yang terjalin dengan baik akan memperluas wawasan, pengetahuan dapat menghasilkan program dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.” Ungkapnya.

Giriningsih salah satu guru dari Kelompok bermain menjelaskan dalam rangka mewujudkan layanan PAUD berkualitas, diperlukan dan harus disiapkan oleh satuan pendidikan. 

“Rapat koordinasi untuk menjalin kerjasama dan menyusun program peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, worskhop, bimbingan teknis, seminar, kegiatan kolektif guru dan sejenisnya sangat diperlukan”, tutur Giriningsih.

Hal senada disampaikan Aryati dari IGTKI kecamatan Rakit, guru PAUD perlu untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Saya sangat setuju dan mendukung perlunya kegiatan bagi guru untuk melaksanakan pelatihan atau bimbingan teknis dalam rangka implementasi kurikulumm merdeka dan peningkatan kualitas dan kompetensi guru. 

“Dalam rapat koordinasi kali ini diambil beberapa kesepakatan diantaranya PAUD kecamatan Rakit siap untuk melaksankan kurikulum merdeka, serta akan  melaksanakan pelatihan atau bimbingan teknis secara mandiri’’ kata Aryati.  ( IND ).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar