Pembangunan SPAM Kali Ori Dikebut

KBRN, Banjarnegara: Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Ori PDAM Kabupaten Banjarnegara di Kecamatan Sigaluh saat ini terus dikebut pelaksanaannya.

Direktur PDAM Kabupaten Banjarnegara, Bahar Ibnu H, Sabtu (25/6/2022) mengatakan, pihaknya optimistis pembangunan dapat selesai sebelum 31 Desember tahun ini seperti yang ada di dalam kontrak pekerjaan kegiatan.

"Informasi dari pihak pelaksana saat ini sudah bisa mencapai 40 persen. Kita harapkan pekerjaan bisa selesai lebih cepat tentunya, tanpa mengurangi standar mutu kualitas pekerjaan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PUPR," terangnya.

Dijelaskan lebih jauh olehnya, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Kali Ori ini meliputi sejumlah item kegiatan utama. Seperti pembangunan intake, bangunan pengumpul air dan bangunan pra sedimentasi.

Selain itu juga terpasang pipa sepanjang 6 kilometer lebih, mulai dari intake hingga IPA Sigaluh yang sudah ada sebelumnya di Desa Sigaluh, dengan spesifikasi pipa HDPE. Penanaman dan pengelasan pipa saat ini sudah mulai dilakukan.

Untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana kegiatan sesuai dengan spesifikasi teknis, pengawasan dilakukan oleh tim supervisi. Termasuk pula time schedule atau waktu pelaksanaan kegiatan yang sudah tersusun sebelumnya.

Menurutnya, adanya SPAM Kali Ori ini akan berdampak cukup signifikan kepada pelayanan air di Kabupaten Banjarnegara. Dan ini merupakan salah satu pemecahan masalah yang cukup besar di PDAM Banjarnegara saat ini. Masalah mendasar tersebut menyebabkan perusahaan sulit berkembang.

Dengan kapasitas produksi 100 liter per detik dan menggunakan sistem gravitasi, pihaknya menargetkan penambahan sambungan rumah hingga 8.000 pelanggan yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Kami sudah melakukan inventarisir calon pelanggan PDAM di sejumlah titik. Data awal ini yang akan menjadi proyeksi ke depan tentunya," lanjutnya.

Pembangunan SPAM Kali Ori ini merupakan salah satu upayanya dalam memenuhi kebutuhan air baku untuk melayani masyarakat di Banjarnegara, yang terus meningkat setiap tahunnya karena adanya penambahan jumlah penduduk.

Anggaran pembangunan SPAM Kali Ori ini berasal dari APBN Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) dengan nilai kontrak kegiatan Rp 13,9 miliar.(jkw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar