Tumbuhkan Nasionalisme, Siswa SMPN 1 Banjarnegara Gelar Lomba Fashion Show Batik

KBRN, Banjarnegara ; Hari Pendidikan Nasional yang biasanya diperingati setiap tanggal 2 Mei digeser pada 13 Mei ternyata tidak menyurutkan langkah siswa SMPN 1 Banjarnegara untuk memperingatinya.

Moment berbeda dan spesial ditampilkan oleh ratusan siswa dan guru salah satunya dengan menggunakan pakaian batik sebagai ciri khas nusantara.

Wakil Kepala SMPN 1 Banjarnegara bidang kesiswaan Teguh Riyanto mengatakan penggunaan batik dalam peringatan Hardiknas merupakan bentuk dukungan rasa nasionalisme kepada produk asli Indonesia.

“Sebagai wujud nasionalisme, dalam peringatan Hardiknas kali ini, kami juga menggelar lomba fashion show berbusana batik untuk siswa yang diikuti oleh perwakilan seluruh kelas,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, lomba fashion show tersebut diselenggarakan oleh Osis SMPN 1 Banjarnegara yang digelar di lapangan sekolah.

Dengan berbagai pose dan gaya, puluhan peserta lomba fashion show tersebut beraksi diatas catwalk seperti layaknya model professional.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Banjarnegara M. Masduki Rahmat mengatakan tema peringatan Hardiknas tahun ini adalah Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar

“Momen ini merupakan bentuk penghormatan dan dukungan terhadap dunia pendidikan yang ada di Indonesia untuk mencapai pendidikan yang berkualitas,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, digesernya tanggal peringatan pada tahun ini lantaran pada 2 Mei 2022 bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, hal tersebut juga tertuang  dalam pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek.

“Kami berharap lewat lomba fashion show ini, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, sekaligus sebagai ajang kreatifitas generasi muda untuk selalu berinovasi dalam kegiatan positif,” paparnya.

Pihaknya akan terus mendukung kreatifitas dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh siswa melalui Osis dengan harapan dapat memunculkan ide serta potensi peserta didik sesuai dengan konsep kurikulum merdeka belajar..(alw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar