PGRI Serang Kunjungi PGRI Banjarnegara

KBRN, Banjarnegara : Nuansa berbeda nampak pada Sabtu pagi (22/01/2022)  pukul 07.00 WIB Pendopo “Dipayuda Adigraha” Kabupaten Banjarnegara sudah dipenuhi para pahlawan tanpa tanda jasa. Hari ini, H. Syamsudin, S.Pd., M.Pd.  Plh Bupati Banjarnegara berkenan menerima kunjungan Pengurus PGRI Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Janjusi, S.Pd. selaku Ketua PGRI Kabupaten Serang, dengan didampingi oleh Kepala Dindikbud Kabupaten Serang (Dr. H. Asep Nugrahajaya, M.Pd.) juga disertai oleh 76 orang pengurus dan ketua cabang se Kabupaten Serang. Nampak hadir mendampingi Plh Bupati Banjarnegara di pendopo antara lain Plt Kepala Dindikpora yang juga menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs. Agung Yusianto, M.Si., Wakil Ketua PGRI, Heling Suhono, S.Pd., MM., Sekretaris PGRI, Sunarto, S.Pd., M.Pd., serta beberapa orang pengurus PGRI Kabupaten Banjarnegara. Ketua PGRI Banjarnegara, Drs. Noor Tamami, M.Pd. tidak bisa hadir dalam acara ini karena sedang mengikuti kegiatan Penyaluran Bantuan Korban Letusan Semeru di Lumajang, bersama dengan pengurus PGRI Provinsi Jawa Tengah dan semua Ketua PGRI Kabupaten se Jawa Tengah.

 Sambutan dari Pengurus PGRI Kabupaten Serang disampaikan oleh Dr. H. Asep Nugrahajaya, M.Pd. yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang.

“Mohon ijin, menyampaikan salam hormat dari Bupati Serang, ibu Hj. Ratu Atut Hasanah, SE., MM. untuk Bapak Bupati Banjarnegara beserta jajarannya. Mohon berkenan Bapak Bupati Banjarnegara untuk berkunjung ke Kabupaten Serang. Alasan yang melatar belakangi kami hadir di sini adalah ikatan batin yang sangat kuat dengan salah satu tokoh PGRI yang lahir dari Banjarnegara, yaitu almarhum Bapak Dr. Sulistiyo, M.Pd. Kami punya kenangan sejarah yang sangat berkesan dimana beliau mengayomi organisasi dan selalu memperjuangkan nasib para anggota, khususnya anggota PGRI Kabupaten Serang. Perkenankanlah kami untuk ziarah ke makam beliau."paparnya.

Ditambahkan bahwa mereka juga berkeinginan untuk menikmati salah satu venus wisata Banjarnegara, yaitu ingin bermalam menikmati pemandangan dan suasana dataran tinggi Dieng.

Plh Bupati Banjarnegara menyambut baik maksud dan tujuan dari kunjungan para pengurus PGRI Kabupaten Serang ini.

“Selamat datang di tanah kelahirannya Sulistiyo. Mohon ijin menyampaikan gambaran singkat tentang Banjarnegara. Banjarnegara terdiri dari 20 kecamatan, 266 desa, dan 12 kelurahan.  Banjarnegara dijuluki sebagai kabupaten yang miskin ekstrim oleh pemerintah. Kami terima saja dengan sabar, tetap bersyukur, dan dengan julukan tersebut membuat kami lebih bersemangat untuk mengentaskan kemiskinan di Banjarnegara. Pada saatnya nanti kami akan menunjukkan bahwa yang djuluki sebagai miskin ekstrim ini tidaklah sejelek apa yang dibayangkan orang.”

ungkap plh Bupati..

Beliau juga menyampaikan gambaran tentang kehidupan Dr. Sulistiyo mulai dari masa kecilnya, perjuangannya, serta keberhasilannya menyatukan para guru di Indonesia.

“Kami bangga dengannya, seorang anak dari desa terpencil dan miskin di Banjarnegara bisa meraih gelar doktor, serta bisa menjadi tokoh nasional. Hal ini menginspirasi anak-anak di Kabupaten Banjarnegara khususnya anak-anak desa”, ungkapnya.

Selain itu juga beliau juga mengucapkan selamat menikmati pesona Dataran Tinggi Dieng, selamat berwisata untuk membuktikan kabar tentang keindahan alamnya, yang tidak cukup untuk diceritakan semalam. Semoga para wisatawan bisa terpuaskan. Sepulang nanti ke Serang, titip ceritakan tentang keindahan Dieng kepada siapa pun. Siapa pun yang hadir ke Banjarnegara akan disambut dengan senyum penuh keikhlasan, penuh keramahan, dan penuh persaudaraan oleh masyarakat Banjarnegara. Kegiatan diakhiri dengan tukar cendera mata antara pemerintah Kabupaten Serang dengan pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Ketua PGRI Kabupaten Serang dengan Ketua PGRI Kabupaten Banjarnegara, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang dengan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara.

Selesai acara ramah tamah, rombongan PGRI Kabupaten Serang berangkat ziarah ke makam tokoh PGRI, Dr. Sulistiyo, M.Pd. di Kalitengah Kecamatan Purwanegara. Menurut agendanya, setelah ziarah rombongan akan menikmati indahnya negeri di atas awan, kawasan wisata Candi Dieng sampai esok hari.(Joko Catur S._Banjarnegara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar