Pelaku UMKM Dibekali Roadmap Pemulihan Ekonomi Sederhana

KBRN, Banjarnegara : Sedikitnya 20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara  dibekali pelatihan Roadmap Laporan Keuangan sederhana yang diselenggarakan oleh STIE Tamansiswa Banjarnegara bertempat di Gedung PKK Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan.

Dosen pembimbing lapangan STIE Tamansiswa Banjarnegara Gonimah Zumroatun Ainiyah, SE, M.Si, MM Senin 929/11/2021 ), mengatakan kegiatan yang merupakan rangkaian pengabdian masiswa kampus STIE Tamansiswa Banjarnegara dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik ini diharapkan dapat menjadi langkah inovasi serta proses pengembangan UMKM dari sisi akses keuangan. “selama ini pelaku UMKM belum memahami manfaat laporan keuangan, UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang stabilitas sistem keuangan perekonomian” paparnya.

Pengembangan UMKM masih menghadapi berbagai kendala dan salah satunya dari sisi akses keuangan. Pihaknya berharap lewat kegiatan Roadmap Laporan keuangan ini mampu menghasilkan laporan keuangan yang menjadi alat utama menilai kelayakan kredit serta mengetahui besaran laba bersih setiap akhir bulan dan terpenting adalah menjalankan usaha dengan mengatur sistem keuangan menjadi lebih baik.

Kepala desa Gumelem Wetan Cartun sangat berterimakasih atas inisiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di Desa Gumelem Wetan. Pihaknya berharap melalui pelatihan singkat tersebut peserta UMKM dapat menyerap dengan baik ilmu yang diberikan serta mampu mengaplikasikannya dalam proses kegiatan atau transaksi usaha sehari hari. “pelatihan ini sangat bermanfaat, kami menjadi paham dan mengerti tentang arti penting pelaporan keuangan sehingga dalam proses pelaksanaan usaha tidak rancu atau asal asalan” paparnya. (ALWAN/IND)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar