Banjarnegara Kaya Bahan Pembelajaran Audiovisual

KBRN, Banjarnegara : Kabupaten Banjarnegara kaya akan bahan pembelajaran audiovisual jika guru mau melakukan riset untuk kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran audiovisual. 

Hal itu diungkapkan instruktur Program Organisasi Penggerak (POP) Aziz Arifianto dalam pelatihan dan pendampingan kepada guru sasaran di SMPN 1 Purwanegara, Sabtu (23/10/2021). 

Menurut Aziz, dari berbagai era dan sudut pandang, Banjarnegara memiliki kelengkapan bahan yang bisa diangkat. 

"Era Hindu Budha ada kawasan Dieng dan Watu Lembu. Era Islam ada Kademangan Gumelem, era kolonial ada Kota Lama Klampok. Belum lagi seni budayanya juga sangat kaya" jelas Direktur Art Film itu. 

Ia mencontohkan, bagi guru yang akan mengajarkan sejarah tentang era Pergerakan Nasional, ada tema tentang Syarikat Islam hingga Soemitro Kolopaking. 

Untuk mengangkat tema seperti itu, menurut Aziz, para guru harus mau melakukan riset yang dalam dan terjun ke lapangan agar karya yang dihasilkan bernilai tinggi. 

Salah satu peserta pelatihan Tjatur Budijantoro mengaku akan mengangkat tema Waduk Mrica dan perubahan sosial budayanya. 

"Saya dan tim akan membuat film tentang Waduk Mrica, agar anak-anak tahu tentang pembangunan di Era Orde Baru dan pengaruhnya. Karena di sana ada belasan desa yang ditenggelamkan dan warganya ditransmigrasikan. Ini tentu menarik untuk dikaji" ujar Tjatur. ( HP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00