Bulan Dana PMI 2021 Capai Rp 2 Miliar, Wabup: Harus Digunakan Untuk Membantu Masyarakat

Bulan Dana PMI 2021 Capai Rp 2 Miliar, Wabup: Harus Digunakan Untuk Membantu Masyarakat

Deskripsi Gallery

KBRN, Cilacap : Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap tahun 2021 terkumpul Rp 2.072.929.791.

Hasil Bulan Dana PMI 2021 ini diserahkan ketua Panitia Bulan Dana PMI 2021, Wasi Ariyadi kepada Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, pada acara di Ruang Gadri, Jumat (17/12/2021).

Bulan Dana PMI 2021 ini kembali dikumpulkan, setelah pada tahun 2020 ada kebijakan dari PMI untuk tidak mengumpulkan bulan dana, karena adanya pancemi Covid-19.

 “Alhamdulillah tahun ini kondisi membaik,  sehingga diadakan bulan dana, dan alhamdulilah juga kesadaran masyarakat dalam berpastisipasi di Bulan dana PMI ini bagus, sehingga terkumpul angka Rp2 miliar,” ujar Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.

Wabup mengatakan jika dengan adanya Bulan Dana ini bisa membantu masyarakat melalui kegiatan sosial yang dilakukan PMI. Untuk itu, pihaknya berharap situasi Covid terus membaik, sehingga berdampak ekonomi masyarakat yang juga membaik.

“Harapannya situasi Covid terus membaik,  dan ekonomi membaik, kesadaran meningkat, sehingga PMI meningkat untuk membantu masyarakat lebih banyak,” katanya.

Ketua PMI Kabupaten Cilacap sekaligus Sekretaris Daerah, Farid Ma’ruf mengatakan jika tahun 2021 ini, meskipun ada penggalangan Dana PMI, tetapi tidak semua ditarik.

Untuk Kepala Keluarga hanya 70 persen warga, selain itu juga pelajar tidak ditarik seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jumlahnya ada Rp2,07 miliar berasal dari kepala keluarga sekitar Rp 1,6 miliar dan ini tidak ditarik iuran 30 persen, dari PNS sekitar Rp 400 juta, Samsat, Pertamina, PLTU dan lainnya sekitar Rp162 juta. Serta tahun ini PMI tidak menarik dari para siswa, karena sekolah masih daring, sehingga kita tidak membebani pada kepala sekolah dan guru untuk menarik Bulan Dana kepada para siswa,” ujarnya.

Hasil Bulan Dana PMI ini, kata Farid dipergunakan untuk kegiatan sosial di antaranya penanganan bencana alam, banjir, tanah longsor dan kegiatan sosial lainnya.

“Kita juga akan transparan dalam penggunaan hasil bulan dana ini,” katanya. (RT)

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Renny Tania
  •   Tanggal : 17 Des 2021

Share this

FOTO LAINNYA