Koramil 24/Kedungbanteng Bantu Warga Bersihkan Jalan Yang Tertimbun Longsor

1.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Banyumas:  Akibat hujan yang tak kunjung berhenti pada Senin (19/10/2020) Jalan Kabupaten Banyumas tepatnya di Desa Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas yang menghubungkan Desa Kalikesur - Desa Windujaya dan Desa Kutaliman Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas tertutup longsoran tebing setinggi 3 Meter.

Longsoranya tebing dan rumpun bambu tersebut terjadi akibat hujan deras yang menyebabkan jalan yang menghubungkan sejumlah desa tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat sejak senin hingga Selasa (20/10/2020) pagi.

Longsoran tanah menutup jalan sekitar 10 meter sehingga menyulitkan warga masyarakat yang akan beraktifitas, apalagi jalan tersebut merupakan jalan penghubung dari desa lain. Berkat gotong royong bersama warga masyarakat, jalan sudah dapat dilalui dengan baik dan aktifitas warga tidak terganggu lagi namun harus tetap hati-hati saat melewatinya karena jalan masih licin dan basah.

Danramil 24/Kedungbanteng, Lettu Inf Nurkolis ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa pada titik longsoran tebing dilakukan pembersihan material tanah dan bambu yang roboh. “Kami TNI-Polri secara gotong royong yang melibatkan puluhan warga, dan ormas sudah berhasil membersihkan material yang menutupi jalan sehingga jalan tersebut bisa dilewati kembali”.

Lettu Nurkholis juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak menebang pohon sembarangan, karena akan mengakibatkan kebun jadi gundul, mengingat saat ini sedang musim hujan dan lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan terjadinya longsor, mari kita menjaga kebun kita sebagai warisan untuk anak cucu dengan menanam pohon.

Tambahnya bahwa pembersihan material berupa tanah dan rumpun bambu dilakukan secara manual dengan alat sederhana dimulai sejak senin (19/10/2020) petang hingga Selasa (20/10/2020) pagi. setelah dilakukan pembersihan secara manual dengan melibatkan TNI-Polri, puluhan warga setempat dan ormas jalan tersebut sudah bisa dilewati.

Danramil 24/Kedungbanteng, Lettu Inf Nurkolis, menyampaikan apresiasi atas semangat kerja bakti atau gotong royong warga dan Muspika Kedungbanteng. Menurutnya dalam kebersamaan penanganan bencana itu dapat menjadi upaya untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah Kedungbanteng dengan masyarakat.

Danramil menghimbau masyarakat selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan cepat dari instansi terkait. Jelas Danramil 24/Kedungbanteng. (AuL).

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : SUPRIANTO Spj
  •   Tanggal : 20 Okt 2020

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00