• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Video Podcast

Pelabuhan Niaga Kendal Dinilai Berpotensi Menjadi Pelabuhan Internasional

16 October
15:03 2019

KBRN, Kendal : Pelabuhan Niaga Kendal telah diresmikan dan dapat segera beroperasi, Pelabuhan yang memiliki potensi untuk menjadi pelabuhan Internasional tersebut dinilai dapat menopang pelabuhan Tanjung Emas, Rabu (16/10/2019).

Sebelumnya pada tahun 2016 pelabuhan penyebrangan telah lebih dahulu beroperasi, Ditjen Perhubungan Laut Ahmad Wahid menjelaskan, jika beroperasinya Pelabuhan Niaga Kendal dapat mengurangi antrian kapal yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas.

“Setidaknya nanti kita akan mendorong agar kapal-kapal ukuran 3 kebawah bisa dialihkan ke pelabuhan niaga kendal, dan kalau itu jalan bisa mengurangi antrian yang ada di Tanjung Emas” Jelas Ahmad Wahid.

Sementara untuk saat ini permasalahan yang masih dihadapi oleh Pelabuhan Niaga Kendal adalah adanya pendangkalan serta Break Water. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat mengatakan, untuk perbaikan pihaknya akan berdiskusi dengan beberapa pihak termasuk Bupati dan KSOP.

“Permasalahan memang ada terutama pendangkalan dan break water, tapi untuk penanganan paling cepat melalui APBN di 2020. Nanti kedepan juga akan coba didiskusikan kepada Bupati dan KSOP” Jelas Satriyo Hidayat.

Disisi lain dengan beroperasinya pelabuhan Niaga Kendal, Bupati Kendal berharap dapat memberikan dampak iklim ekonomi baik bagi Derah maupun Provinsi. (Adetya Krisna Prastyo, PRO 3 RRI Semarang)

Tentang Penulis

Adetya krisna Prastyo

Kontributor RRI Semarang "Loyalitas dan Integritas"

00:00:00 / 00:00:00