• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Video Podcast

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2019, Wajib Sejak Dini

15 October
17:16 2019

KBRN, Kendal : Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) 2019 yang dipusatkan di Kabupaten Kendal pada Sekolah Dasar Negeri 1 Tambahrejo Kecamatan Pageruyung.

Peringatan HCTPS yang dilakukan turut memberikan pelajaran tentang pentingnya mencuci tangan sebelum melakukan aktifitas diantaranya sebelum makan dan setelah buang air besar. Selain itu turut memperaktekkan tahapan cara menucuci tangan dengan benar kepada murid-murid Sekolah Dasar.

Wakil Ketua 4 PKK Provinsi Jawa Tengah Condro Rini mengatakan, jika kebiasaan cuci tangan dengan sabun harus ditanamkan sejak kecil terutama SD, lebih lanjut terdapat beberapa tujuan dalam pelaksanaan cuci tangan tersebut salah satunya untuk menurunkan angka kematian bayi dan anak.

“Tujuan cuci tangan pakai sabun untuk menurunkan angka kematian Bayi dan anak yang disebabkan beberpa penyakit menular  terutama penyakit inveksi akibat pola hidup sehat yang dirasa kurang baik, kemudian untuk menanamkan kebiasaan budaya cuci tangan, agar dapat menjaga diri dari kuman yang terdapat di sekeliling” Jelas Condro Rini, Selasa (15/10/2019).

Sementara berdasarkan data dari WHO, sekitar 75 persen masyarakat belum melakukan kebiasaan cuci tangan pakai sabun. Oleh karena itu gerakan cuci tangan pakai sabun mulai digalakkan kepada masyarakat.

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, program HCTPS sejak usia dini dinilai penting terlebih angka kesadaran untuk cuci tangan masih tergolong rendah.

“Masih rendah kesadaran cuci tangan, jadi kita berharap dengan memberikan pembelajaran lebih dini kepada anak-anak kedepan dapat membudayakan perilaku sehat ini”

Adapun program cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu dari 5 pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Dalam acara HCTPS tersebut turut mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar dan dilakukan secara bersamaan bersama siswa-siswi SD. (Adetya KP, PRO 3 RRI Semarang)

Tentang Penulis

Adetya krisna Prastyo

Kontributor RRI Semarang "Loyalitas dan Integritas"

00:00:00 / 00:00:00