• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Cegah Terinfeksi Covid-19, BNPB : Masyarakat Saling Jaga Kesehatan dan Kebersihan Diri

29 February
14:09 2020

KBRN, Jakarta : Sehubungan dengan wabah virus Corona yang terjadi di banyak negara, masyarakat Indonesia diimbau untuk menjaga kesehatan dan menghindari terinfeksi virus apa pun, seperti influenza. 

"Upaya preventif sederhana dapat berupa mencuci tangan sesuai prosedur yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan, atau penggunaan masker bagi mereka yang sehat atau pun yang sakit," ucap Deputi Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bernadus Wisnu Widjaja, melalui pernyataan resmi bersama Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, yang diterima RRI, Sabtu (29/2/2020). 

Masyarakat, kata Wisnu, khususnya mereka yang sedang sakit, diimbau untuk menghargai orang lain sehingga tidak terpapar virus. Contohnya, apabila seseorang terpapar virus batuk atau bersin, dia harus menutup mulut dengan tisu, sapu tangan atau pun dengan bahu.

"Sehingga orang di sekitar tidak terpapar virus yang terbang melalui medium udara atau pun cairan batuk atau droplets," sambungnya.

Begitu bahayanya wabah Corona, mengakibatkan banyak WNI awak kapal World Dream harus masuk observasi untuk memastikan mereka bersih dari virus mematikan tersebut saat kembali ke rumah masing-masing di tanah air. 

BACA JUGA: Semakin Berbahaya, Pimpinan DPR Minta Kemendagri Bentuk Desk Corona

Sebanyak 188 WNI awak kapal World Dream dievakuasi menggunakan KRI dr Soeharso TNI AL menuju tempat observasi COVID-19 di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Mereka menaiki geladak KRI dr Soeharso yang difasilitasi di Selat Durian Kepulauan Riau, Rabu (26/2/2020) lalu. 

Petugas juga menyemprotkan cairan desinfektan kepada WNI kru kapal World Dream saat menaiki KRI dr Soeharso. Hal ini sudah menjadi SOP standar sesuai rekomendasi World Health Organization (WHO), Badan Kesehatan Dunia di bawah kendali Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Bahkan hari ini, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membentuk desk Corona, semacam tim penanganan khusus.

"Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) agar segera membentuk Desk Corona, tim khusus untuk mencegah penyebaran virus corona di Indonesia," kata Dasco kepada wartawan melalui pernyataan resmi yang diterima RRI, Sabtu (29/2/2020).

BACA JUGA: BNPB : Buruknya Drainase Pemicu Sebagian Besar Bencana Banjir Januari-Februari 2020

Desk Corona tersebut, kata Dasco, dibentuk Kemendagri untuk melakukan koordinasi kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia, agar melakukan monitoring serta pendataan menyeluruh secara tepat dan cermat di daerahnya masing-masing.

"Apabila terdapat warganya yang diindikasikan terjangkit virus corona, agar segera melaporkan hal tersebut kepada Desk Corona Kemendagri," ujarnya menambahkan.

Nantinya, menurut Dasco, laporan tersebut akan ditindak lanjuti secara cepat untuk kemudian dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan RI, supaya segera dilakukan pencegahan dini dan penanganan medis lebih lanjut, atau hal-hal lain yang dianggap perlu.

"Hal ini saya minta secara khusus, supaya kita dapat mengantisipasi penyebaran virus corona secara dini di Indonesia," tandasnya. (Foto: Ant/Dispenal)

00:00:00 / 00:00:00