• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jubir Wapres: Saudi Tak Perlu Ragu, Indonesia Bebas Corona

29 February
11:28 2020

KBRN, Jakarta : Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden RI (Wapres), Masduki Baidlawi meyakinkan bahwa Indonesia merupakan negara yang terbebas dari wabah virus novel corona (Covid 19). Makanya, diharapkannya agar Arab Saudi segera mengizinkan para calon jamaah asal Indonesia untuk menjalankan ibadah umroh.

Masduki mengatakan, pemerintah Indonesia sangat memahami langkah pemerintah Arab Saudi yang tak ingin warga negara asing yang terjangkit virus corona masuk ke negaranya.

"Dalam hubungan antar negara, tentu saja kita sangat memahami kebijakan Arab Saudi (untuk menghentikan umroh secara sementara)," katanya dalam diskusi bertajuk "Adakah Jalan Keluar Bagi Jamaah Umrah?" di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (29/2/2020).

Namun demikian, dia mengaku berharap agar Arab Saudi tidak terlalu lama memberlakukan pelarangan ibadah umroh bagi jamaah asal dalam negeri karena Indonesia memanglah negara yang terbebas dari virus mematikan tersebut.

"Tidak perlu ragu, bahwa Indonesia adalah negeri yang sama dengan Arab Saudi yakni bebas dari corona," tegasnya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah Indonesia terus melakukan negosiasi dengan pemerintah Arab Saudi agar para calon jamaah umroh asal Indonesia diperbolehkan menjalankan ibadah disana.

"Negosiasi terus dilakukan, mudah-mudahan ini bisa cepat berlalu dan para jemaah bisa cepat melakukan ibadah umrah," pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00