• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemerintah Jamin Jemaah Umrah akan Tetap Berangkat

29 February
10:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Meski pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara umrah karena dampak virus corona baru (Covid-19), pemerintah Indonesia menjamin jemaah umrah akan tetap berangkat setelah adanya pencabutan kebijakan penangguhan umrah dari pemerintah Arab Saudi.

"Kalau tetap berangkat kan sudah kita tegaskan dari awal bahwa itu tidak ada masalah, akan tetap berangkat," tegas Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidowi dalam diskusi dengan topik "Apakah Ada Jalan Keluar Bagi Jamaah Umroh?" di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (29/02/2020).

Bahkan menurut Masduki pihak penyelenggara ibadah umrah juga memiliki kewajiban untuk memberikan uang jaminan untuk jemaah umrah. 

"Secara perlahan-lahan jaminan atas keselamatan dan keberangkatan jemaah dengan aman mulai berangkat dari rumah dan balik kembali ke rumah setelah melakukan proses ibadah itu, itu sudah mulai dibenahi," terangnya. 

Masduki memastikan kerja sama antara penyelenggara ibadah umrah, maskapai penerbangan dan kementerian dalam mengatasi penangguhan sementara umrah cukup baik. 

"Koordinasinya berjalan baik, tinggal mengantisipasi kepulangan jemaah umrah yang berada di Arab Saudi dan mengantisipasi keberangkatan kapan itu dibuka," jelasnya. 

Pasca-kebijakan penangguhan sementara umrah, menurut Masduki suasana di Arab Saudi salah satunya di Madinah saat ini lengang. Kebayang jika virus corona masuk ke Arab Saudi akan tersebar ke seluruh dunia dan ibadah umrah akan kacau," pungkasnya. 

00:00:00 / 00:00:00