• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Ternyata Indonesia Sudah Punya Fasilitas Penyaluran Hasrat untuk Napi

27 February
20:32 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi III DPR RI, Safaruddin menyampaikan saran pada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly untuk membuat ruang untuk tempat menyalurkan hasrat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), khususnya bagi narapidana yang telah menikah. 

Gagasan ini disampaikan Safaruddin saat pihaknya menggelar rapat kerja bersama Menkumham di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020) lalu.

Merespons hal tersebut, Direktur Jenderal Permasyarakatan, Sri Puguh Utami mengatakan fasilitas yang dimaksud Anggota DPR itu telah dimiliki beberapa lapas di Indonesia. Total kata dia ada tiga lapas yang sudah punya fasilitas serupa.

"Itu kami praktikkan sudah mulai tahun lalu. Ada di Lapas Ciangir, Lapas terbuka Kendal, dan Lapas Nusa Kambangan," ucap Utami sapaan akrab Sri Puguh Utami di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Tidak sembarangan, Utami menyebutkan penggunaan fasilitas di dalam lapas juga memiliki aturan yang ketat. Termasuk memastikan kejelasakan status hubungan antara narapidana dengan pasangannya yang mungkin menjenguk.

"Itu sudah dipraktikkan dengan sangat ketat, artinya dengan terukur. Siapa saja yang boleh berada di (lapas) minimum security, tentu dengan perubahan perilaku dan kinerja yang nyata dari napinya, terus istrinya juga dicek betul, ini istrinya bukan," tutur Utami.

Diapun berharap kedepan fasilitas seperti demikian bisa dimiliki seluruh lapas di Indonesia, tentunya lapas dengan kategori minimum security.

00:00:00 / 00:00:00