• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Baitul Mal Aceh Serahkan Bantuan Uang Tunai bagi Korban Kebakaran di Aceh Singkil

27 February
04:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Singkil : Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban kebakaran di Aceh Singkil, Baitul Mal Aceh menyerahkan bantuan uang tunai kepada 25 Kepala Keluarga.

Bantuan diserahkan langsung oleh Pimpinan Rombongan, Kabag Hukum Sekretariat Baitul Aceh, Ilyas, yang didampingi oleh Kepala Baitul Mal Aceh Singkil, Ustad Ali Sadikin, Rabu (26/2/2020).

Kepada penerima bantuan, Ilyas mengatakan bahwa kehadiran Baitul Mal sebagai amanah untuk melihat langsung keberadaan korban setelah kebakaran.  Serta untuk menyerahkan santunan, yang merupakan hak dari orang yang mengalami musibah.

“Baitul Mal Provinsi Aceh diamanahkan untuk menjumpai, melihat langsung keberadaan dan kondisi bapak dan ibu. Maka terhadap bapak/ibu juga berhak untuk mendapat santunan, artinya sesuatu orang yang terkena musibah, apapun bentuknya tidak terlepas dari perhatian dan tanggungjawab sesama umat, melalui Zakat,’’ kata Illyas.

Kepada RRI, Ilyas menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan sebesar RP 3.000.000/ keluarga, yang diberikan untuk 25 Kepala Keluarga Korban Kebakaran. 

Ia berharap korban tetap bersabar, bersemangat dan senantiasa meningkatkan keimanan kepada Tuhan.

“Kami telah memberi bantuan per keluarga Rp 3.000.000, sesuai dengan data yang diberikan Pak Keuchik kepala desa, red) ada 25 kepala keluarga.  Maka kami memberikan 25 Kepala keluarga untuk korban kebakaran kampung ujung Aceh Singkil ini. Kami berharap korban bersabar terhadap musibah, tetap bersemangat, tetap meningkatkan keimanan dan taqwa. Insya Allah, Allah akan merubah kondisi kita ini kepada yang lebih baik,” kata Illyas. 

Menanggapi bantuan yang diberikan, salah satu korban menyampaikan terima kasih karena dari Baitul Mal dari Banda Aceh berkenan melihat kondisi korban di Aceh Singkil.  

“Saya tergugah Pak, begitu jauh Bapak dari Banda Aceh bisa sampai ke kampung kami ini melihat situasi keadaan kami disini.  Kami doakan jerih payah Bapak semoga Allah membalasnya,” ujar Korban, Syamsul. 

Pantauan RRI, penyerahan bantuan diserahkan di Posko Penerima Bantuan, yang khusus didirikan untuk menggalang dana bagi korban kebakaran di desa Ujung.  Saat ini berbagai penggalangan dana untuk korban kebakaran terus dilakukan, baik dari Aceh Singkil maupun dari luar Aceh Singkil.

00:00:00 / 00:00:00