• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Hadiri Sidang Pleno MA, Jokowi Apresiasi Kinerja MA Selesaikan Banyak Perkara

26 February
13:53 2020

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan oleh Mahkamah Agung dalam menyelesaikan beban perkara, yang sebagian besar banyak terselesaikan. Selama tahun 2019, Mahkamah Agung tercatat hanya menyisakan 217 perkara dari 20.275 perkara. 

Presiden menyebutkan, dirinya akan terus mendukung upaya Mahkamah Agung dalam meningkatkan kualitas putusan para hakim melalui peningkatan kualitas SDM baik yang masih calon hakim maupun para hakim yang sudah ada. 

"Di tengah banyaknya profesi-profesi baru di bidang hukum yang menjanjikan, minat untuk menjadi hakim juga harus terus didorong. Terutama masuk ke fakultas-fakultas hukum yang terbaik, sehingga mendapatkan input calon hakim yang semakin baik," ujar Presiden saat menghadiri acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung di JCC pada Rabu (26/02/20).

Ketua MA Hatta Ali dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Sidang Pleno MA dengan agenda Laporan Tahunan itu merupakan bentuk pertanggungjawaban MA kepada publik atas capaian MA sekaligus sebagai sarana evaluasi internal selama satu tahun terakhir. 

"Sidang istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia tahun 2019 pada hari ini, Rabu tanggal 26 Februari 2020 dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," ujar Hatta Ali yang kemudian diikuti dengan ketukan palu sebanyak 3 kali. 

Sidang Pleno Laporan Tahunan MA itu juga turut dihadiri para pejabat tinggi pimpinan lembaga negara, diantaranya Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, dan Ketua MK Anwar Usman. (PR)

00:00:00 / 00:00:00