• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemerintah Akan Evakuasi 188 WNI di Kapal World Dream

26 February
13:34 2020

KBRN, Jakarta : Pemerintah akan mengevakuasi 188 WNI yang ada di kapal pesiar World Dream dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo ketika ditemui usai menghadiri acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung mengatakan, bahwa keputusan ini diambil mengingat jumlah WNI di kapal tersebut lebih banyak bila dibandingkan yang ada di kapal pesiar Diamond Princess. 

"Jadi kita ini dapat dua hal yang harus diselesaikan secara bersamaan, yaitu ABK yang ada di World Dream dan Diamond Princess. Kemarin setelah rapat beberapa kali sudah kita putuskan yang di World Dream dulu. Jumlahnya lebih banyak yaitu 188 orang yang itu juga berada di deket kita. Sehingga kita putuskan segera dijemput oleh KRI Soeroso. Dibawa ke mana? Akhirnya diputuskan ke Pulau Sebaru, Kep. Seribu, karena kesiapannya lebih baik," jelas Presiden di Jakarta Convention Center pada Rabu (26/2/2020).

Baca juga : Antisipasi Coronna, Pemerintah akan Evakuasi 188 WNI ke Pulau Sebaru Kecil

Baca juga : Pariwisata Indonesia Kehilangan Pendapatan 500 Juta Dolar USD Per Bulan Akibat Coronavirus

Adapun untuk WNI yang ada di kapal pesiar Diamond Princess, Kepala Negara menjelaskan, bahwa pihaknya masih terus melakukan negosiasi dengan pemerintah Jepang, sehingga tidak dapat memberi keputusan secara tergesa-gesa.  

"Karena ini juga masih negosiasi dengan pemerintah Jepang," jelas Presiden singkat. 

Tak lupa Jokowi juga mengingatkan kepada para menteri terkait untuk terus mengkalkulasi sejumlah perhitungan, termasuk diantaranya memperhitungkan keselamatan 267 juta penduduk Indonesia lainnya di Tanah Air.

"Karena masalahnya ini (virus Corona) sudah menjalar ke banyak negara. Awalnya Tiongok, kemudian Korea juga, di Jepang, Iran, Italia. Semua keputusan harus hati-hati, tidak boleh tergesa-gesa. Kita punya 267 juta penduduk RI yang harus dikalkulasi. saya pesan ke menteri, ke menko, hati-hati mengkalkulasi," pungkas Presiden. 

Pemerintah terus menyempurnakan kesiapan rencana evakuasi WNI yang ada di kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess, dengan dua opsi skenario. Evakuasi dapat dilakukan melalui jalur laut dengan menggunakan KRI Soeroso atau Kapal Rumah Sakit dan juga melalui udara dengan menggunakan satu pesawat Garuda. 

00:00:00 / 00:00:00