• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Gagal Memenuhi Syarat Dukungan, Pilkada di Sukoharjo Tidak Diikuti Balon dari Perseorangan

24 February
08:42 2020

KBRN, Sukoharjo : Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  di kabupaten Sukoharjo yang akan digelar 23 September 2020 dipastikan hanya diikuti bakal calon (balon) dari partai politik (parpol).

Sedangkan balon dari perseorangan yang sebelumnya sempat santer akan mendaftar yakni pasangan Suhadi -  Dwi Yuni akhirnya batal.

Balon yang diusung Tikus Pithi itu gagal menyerahkan syarat dukungan sebanyak 51 ribu 216 lembar KTP ke KPU Sukoharjo.

Sebelumnya melalui perwakilan tim suksesnya, paslon dengan inisial HAYUN sempat menyerahkan syarat dukungan ke KPU Sukoharjo pada hari Sabtu (22/02/2020) atau pada H min 2.

“Ya, melalui timnya Balon Baun sempat datang ke KPU menyerahkan syarat dukungan. Namun jumlah syarat dukungan masih jauh dari harapan yakni hanya 5 ribuan lembar KTP, sehingga oleh KPU berkas tersebut kami kembalikan,” ungkap Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda kepada RRI, Minggu (23/02/2020) malam.

Menurutnya, jika berkas syarat dukungan itu sudah diunggah melalui system informasi pencalonan (SILON).

“Sesuai aturan KPU memberikan kesempatan hingga hari minggu namun berkas yang dijanjikan juga tidak kunjungan datang. Akibatnya KPU resmi menutup SILON dan balon dari perseorangan dinyatakan tidak memenuhi persyaratan,” cetus Nuril.

Sementara itu saat dikonfirmasi sejumlah media melalui pesan WA, Suhadi selaku balon yang sehrai-hari berjalan nasi liwet di Pasar Gede Solo ini membenarkan jika batal mengikuti kontestasi Pilkada Sukoharjo 2020.

“Ya, kami gagal memenuhi persyaratan. Penyebahnya adalah kekurangan jumlah syarat dukungan seperti seperti yang ditetapkan KPU. Oleh karena itu haknya menyampaikan permintaan maaf kepada para pendukungnya,” ungkap Suhadi.

Seperti diketahui KPU Sukoharjo menetapkan syarat bagi calon perseorangan pada Pilkada 2020.

Dimana syarat dukungan sebanyak 51 ribu 216 lembar KTP harus dikumpulkan dari 7 kecamatan. Selain iu data dukungan harus disusun berdasarkan wilayah desa kelurahan.

Selanjutnya balon menginput dukungan ke dalam system informasi pencalonan atau silon. (Edwi)

00:00:00 / 00:00:00