• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

DPC PPP Usung Karna Suswandi pada Pilkada Situbondo

22 February
21:30 2020

KBRN, Situbondo : Kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, sudah semakin dekat. Partai politik mulai menentukan bakal calon bupati (Bacabup) yang akan diusungnya. Salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Partai berlambang Ka'bah ini melalui Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) PPP yang berlangsung di aula Hotel Utama Raya, Situbondo, memutuskan untuk mengusung Karna Suswandi (Bung Karna), sebagai bakal calon Bupati.

"Rapat pimpinan cabang ini merupakan forum 17 PAC PPP Situbondo, untuk menentukan Bacabup yang akan diusulkan dan mendapat rekomendasi dari DPP PPP melalui DPW," ujar Ketua DPC PPP Situbondo, Zainiye, usai rapat pimpinan cabang, Sabtu (22/2/2020)

Zainiye mengemukakan, selain menentukan Bacabup, dalam rapat pimpinan cabang itu juga merumuskan tentang strategi pemenangan, serta rekomendasi politik dari bakal calon bupati, yang diusung PPP ketika ditakdirkan menjadi Bupati Situbondo, periode 2020-2024.

Politisi PPP ini membeberkan, mengusung Bung Karna sebagai Bacabup tidak instan. Namun melalui tahapan-tahapan yang diikuti oleh seluruh unsur PPP hingga tingkat ranting. Sehingga menjadi kewajiban bersama untuk memenangkan, ketika satu nama diputuskan.

"Menjadi kewajiban bersama untuk memenangkan Bung Karna pada Pilkada ini, bukan hanya mengawal saja," tegas Zainiye.

Kata Zainiye, sebelum memutuskan siapa yang akan diusung sebagai Bacabup, ada empat kandidat yang mendaftar ke DPC PPP, namun yang mengembalikan formulir atau yang menyatakan siap, hanya Karna Suswandi, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lumajang itu.

"Jadi yang kami usulka ke DPP hanya Pak Karna Suswandi. Rekomendasi dari DPP PPP diperkirakan akan turun pada akhir Maret 2020," ujar alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, ini.

Saat dikonfirmasi adanya kemungkinan melakukan koalisi dengan partai politik lainnya, Zainiye mengaku bahwa semuanya serba mungkin. Sebab perjalanan masih panjang, apalagi PPP selalu membuka diri bagi parpol yang ingin berkoalisi.

Sedangkan untuk bakal calon wakil bupati (Bacawabup) kata Zainiye, masih terus berproses. Yaitu masih menunggu hasil komunikasi dan pertimbangan partai maupun saran-saran dari majelis pakar dan majelis syariah.

"Sudah ada tujuh orang Bacawabup, namum belum bisa kami sampaikan. Yang pasti semuanya adalah kader partai," kata anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, itu.

Pantauan RRI, Rapimcab PPP di Hotel Utama Raya Situbondo, dihadiri oleh seluruh PAC di 17 kecamatan di Situbondo, jajaran dewan majelis, Sekretaris DPW PPP Jatim, Norman Zein Nahdi, serta Nyai Hj. Juwairiyah Fawaid (istri almaghfurlah KHR Fawaid As'ad).

"Kalau ingin perubahan, mari kita bersama-sama menangkan Bung Karna, juga untuk mewujudkan pemimpin yang melayani rakyat," tutup alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, itu.

00:00:00 / 00:00:00