• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Ternyata Masyarakat Mesir Senang Konsumsi Ikan-ikan Indonesia

20 February
12:22 2020
3 Votes (3)

KBRN, Kairo : Dikenal sebagai negara yang dialiri oleh sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, Mesir ternyata tidak hanya menyuguhkan beragamnya jenis ikan yang dapat dikonsumsi masyarakatnya. Melainkan, Mesir juga mengimpor berbagai jenis ikan dari negera lain. Misalnya dari Indonesia.

Hal itu bisa dilihat di Pasar Induk Perikanan dan Buah-buahan di kota Obour City, Provinsi Sharkiya.

Ikan-ikan dari hasil laut Indonesia, ternyata juga digemari oleh masyarakat Mesir. Diantaranya, lizard fish, mackarel dan red mullet.

Duta Besar RI di Kairo, Helmy Fauzy, ketika berkunjung ke Pasar Induk Obour, Minggu (16/2/2020), mengatakan penting bagi eksportir dan produsen produk perikanan dan hasil laut Indonesia, untuk dapat lebih mengambil peluang di Mesir, menyusul permintaan terhadap produk-produk perikanan semakin meningkat.

"Selain itu, produsen dan eksportir perikanan Indonesia dapat menawarkan produk perikanan lainnya yang belum masuk di pasar Mesir, sehingga lebih banyak lagi produk perikanan yang dapat dipasarkan di pasar Mesir dan juga menanamkan edukasi kepada warga Mesir bahwa makan ikan memberi gizi tinggi bagi kesehatan," ungkap Dubes Helmy dalam keterangan resminya pada Kamis (20/2/2020).

Helmy menerangkan, guna mempermudah akses penetrasi pasar ekspor produk perikanan dari Indonesia ke Mesir, juga dibutuhkan support teknis baik dari Kementerian maupun dari lembaga terkait, khususnya juga Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Atase Perdagangan KBRI Cairo, Irman Adi Purwanto Moefthi menyampaikan, ekspor produk ikan dan hasil laut Indonesia (HS 0303) ke Mesir pada periode Januari-September 2019 menempati peringkat dua puluh dari total produk ikan yang masuk ke Mesir dengan nilai sebesar USD USD 1,08 juta atau naik sebesar 48,09% dibanding ekspor ikan pada periode yang sama tahun lalu sebesar USD 732 ribu. Produk Perikanan Indonesia mendominasi 0,21% pangsa pasar Mesir dari total impor ikan Mesir dari Dunia sebesar USD 513 juta.

Atdag Irman menambahkan, produk ikan yang saat ini digemari warga Mesir diantaranya ikan lizard fish, red mullet, mackarel dan ikan tuna. Adapun untuk produk buah-buahan memiliki peluang progresif untuk ekspor, dengan upaya peningkatan produksi, perbaikan mutu ke depannya buah tropis Indonesia semakin siap menjadi primadona di Mesir dan negara sekitarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00