• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Irwasum Polri Ancam Copot Kapolres dan Kapolsek yang Lalai Layani Masyarakat

14 February
16:43 2020

KBRN, Bandung : Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri Komjen Pol Moechgiyarto mengancam akan mencabut jabatan Kapolsek dan Kapolres, apabila tidak bisa melayani masyarakat dengan baik.

Penegasan tersebut diungkap Moechgiyarto didepan Irwasda se Indonesia dan pejabat di jajaran Polda Jawa Barat, disela peluncuran Posko Aplikasi elektronik Pengaduan Masyarakat (e-Dumas) Terpadu Polda Jawa Barat, Jumat (14/2/2020).

“Rekan-rekan Kapolsek mohon melayani masyarakat dengan baik. Jangan orang mau menghadap kapolsek saja susah. Nah ini rekan-rekan Kapolsek baru jabat Kapolsek ditemui aja susah, apalagi Kapolres. Kalau begini ya pak Kapolda tanggung jawab, copot itu Kapolres kalau ga mau tmuin masyarakat. Itu harus,”tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tugas Polri ada tiga yakni melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Itu yang paling utama, kemudian bagaimana menjaga ketertiban masyarakat.

“Dengan prinsip ini adalah, kita mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Ujung tombaknya adalah di Polsek,”ungkapnya.

Moechgiyarto juga menambahkan, personil di tingkat Polsek dan Polres seharusnya lebih banyak. Hal itu agar menjadi kekuatan Polri, dalam menjalankan tugasnya di tengah masyarakat. Selain itu juga, jika personil di tingkat Polsek lebih banyak, maka segala permasalahan masyarakat dapat diselesaikan dengan baik di tingkat Polsek.

“Setiap permasalahan, harusnya selesai cukup ditingkat Polsek, tidak perlu sampai tingkat Polres. Saya tekankan kepada rekan Kapolres mohon digalakan, dikoordinasikan kembali dengan rekan Kapolsek supaya mampu menyelesaikan permasalahan,”imbuhnya.

Moechgiyarto juga menyoroti personil di tingkat Polda yang cukup banyak, agar digeser ke tingkat Polsek maupun Polres.

“Jadi saya minta Karo SDM Polda, kalau ada personil di sini (Polda), dorong ke polsek. Sehingga jangan banyak-banyak personil di Polda. Polda cukup saja, Polres perbesar, perkuat Polsek. Jadi permasalahan itu akan selesai di tingkat Polsek,”pungkasnya.

00:00:00 / 00:00:00