• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Sistem Pembelajaran Mandiri UT, Makin Diminati Masyarakat Modern

28 January
02:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta :  Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang resmi berdiri sejak tahun 1984. Seiring dengan perjalanan waktu pada usianya tersebut, UT  kini terus berkembang dengan berbagai program studi dan inovasinya, sehingga layak menjadi pelopor pendidikan tinggi jarak jauh terkemuka di Indonesia, bahkan Internasional.  

“UT ini diresmikan pada 4 September tahun 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984,” kata Rektor Universitas Terbuka, Prof.Drs. Ojat Darojat, pada acara Media Gathering, di kampus Pusat UT, di Jalan Raya Pondok Cabe-Pamulang, Tangerang Selatan, Senin (27/01/20).

Rektor menyampaikan, bahwa semangat dan tujuan dari didirikannya UT adalah untuk memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat Indonesia untuk memperoleh pendidikan tinggi, memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena lokasi, pekerjaan atau alasan lainnya, sehingga tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka. 

“Dengan teknologi dan informasi saat ini, sistem pendidikan jarak jauh yang terus kami kembangkan di UT mulai banyak diminati oleh masyarakat. Alasannya selain lebih efisien, baik dari sisi waktu,tempat dan yang pasti dari sisi biaya perkuliahan jauh relative lebih murah. Buktinya, jumlah mahasiswa kami hampir di setiap UPJJ-UT saat ini terus mengalami peningkatan jumlahnya,” ungkap Prof. Ojat.

Universitas Terbuka sendiri memiliki Visi : yakni ‘Menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia’. Sedangkan Misinya yakni : ‘Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi; mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ untuk mendukung implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia; dan memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan, kelembagaan, dan PTJJ untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.   

“Jumlah dosen kami saat ini sebanyak 666 orang, dengan jumlah mahasiswa sebanyak -+ 320 ribu mahasiswa yang tersebar di 39 UPBJJ-UT,” sebut Prof. Ojat Darojat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00