• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

BMKG : Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek Menurun

26 January
06:52 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Potensi hujan lebat diprakirakan kian menurun. Cuaca sebagian besar wilayah Jabodetabek diprediksi hujan ringan hingga sedang.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Nanda Al-Fuadi mengakui, sebelumnya BMKG memprakirakan tentang adanya potensi hujan lebat pada tanggal 24 sampai 29 Januari. Namun ditekankannya bukan berarti hujan lebat bakalan terjadi pada sepanjang hari itu.

"Bukan berarti sepanjang tanggal tersebut akan terjadi hujan lebat setiap hari. Sehingga ini yang perlu dipahami oleh masyarakat," jelasnya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Minggu (26/1/2020).

Berdasarkan pemutakhiran yang dilakukan oleh BMKG, lanjut Nanda, hujan lebat justru terjadi pada tanggal 24 dan 25 Januari kemarin. Adapun untuk hari ini hingga tanggal 29 nanti, meski potensi hujan masih ada, namun intensitasnya kini menurun drastis. Yakni hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Potensi terbesarnya adalah terjadi pada kemarin, dua Hari yakni tanggal 24 dan 25 Januari. Diperkirakan untuk hari ini potensi hujan sudah menurun cukup signifikan. Dimana memang potensi hujan untuk hari ini masih ada, namun intensitasnya sudah antara ringan dengan sedang," urainya.

Dia menjelaskan, turunnya intensitas hujan di wilayah Jabodetabek ini karena pola angin yang cenderung berubah. Dimana angin dari wilayah barat Lampung, yang menyebabkan konvergensi dan belokan angin di wilayah Jabodetabek semakin melemah.

"Sehingga proses pembentukan awan akibat adanya pola angin yang membelok ataupun melambat di wilayah Jabodetabek tidak signifikan untuk hari ini," pungkasnya. (Foto : Antara/ Nova Wahyudi/ Ilustrasi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00