• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Makna Lilin Merah yang Terus Menyala saat Perayaan Imlek

25 January
21:13 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bogor : Dalam rangka merayakan tahun baru Imlek 2571, ratusan lilin besar yang sudah menyala menghiasi Vihara Dhanagun yang berada di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat. 

Ya, menurut kepercayaannya lilin merupakan salah satu benda yang tak  oleh ketinggalan dalam perayaan imlek. Masyarkat Tionghoa meyakini makna lilin-lilin tersebut menjadi penerang dalam hidup dengan harapan agar kehidupan yang dijalani dapat berjalan dengan mudah dan lancar. 

"Pada intinya semua kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing. Ada yang percaya atau tidak, namun mereka (para masyarakat Tionghoa yang menitipkan lilin-lilin besar di Vihara Dhanagun, red) ini bisa menjadi penerang jalan mereka di kehidupannya nanti," ungkap salah satu seorang pengurus harian Viharah Dhanagun, Joeng kepada RRI.co.id, Sabtu (25/1/2020). 

Pria yang akrab disapa Koh Iyung itu menjelaskan lilin-lilin besar yang berada di Vihara Dhanagun merupakan titipan masyarakat. Menurutnya, lilin-lilin tersebut akan terus dinyalakan hingga perayaan Cap Go Meh atau 15 hari setelah perayaan Imlek. 

"Jadi lilin-lilin ini akan terus nyala hingga Cap Go Meh. Nggak boleh mati, kalau mati yang punya akan marah," ungkap Koh Iyung sambil tersenyum. 

Oleh sebab itu, Koh Iyung mengaku agar lilin-lilin itu tak padam, pihaknya telah menugaskan delapan orang untuk menjaga lilin-lilin tersebut. Mereka ditugaskan bergantian siang dan malam dengan membaginya menjadi dua. 

"Jadi ada yang jaga lilin-lilin ini, malam empat orang, siang empat orang," tuntas Koh Iyung.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00