• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Firli Bahuri Respons Pertemuan Tim Hukum PDIP dengan Dewan Pengawas KPK

20 January
22:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Tim Hukum PDIP yang dipimpin I Wayan Sudirta telah menemui Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Edukasi Antikorupsi KPK, Kamis (16/1/2020) lalu. Ketua KPK, Firli Bahuri angkat bicara terkait pertemuan tersebut.

Tim Hukum PDIP dalam pertemuannya dengan Dewan Pengawas KPK juga menyurati KPK terkait rencana penggeledahan yang dilakukan penyidik KPK di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Saat itu, tim penyidik KPK dilarang masuk.

"Itu silakan tanyakan ke PDIP, jangan kepada saya. Kalau orang melaporkan ke Dewan Pengawas (KPK) itu adalah haknya, dan Dewan Pengawas yang akan melakukan penelitian, penilaian," kata Firli saat ditemui di Gedung KPK, Senin (20/1/2020).

Baca juga : Kasus Harun Masiku, PDI Perjuangan Bantah Dugaan Intervensi Menkum HAM

Firli memilih tidak memberikan perlawanan balik terhadap berbagai tudingan Tim Hukum PDIP.

"Jangan tanya saya, karena itu di luar tanggung jawab saya," ucap Firli.

PDIP telah membentuk Tim Hukum pasca-melarang penyidik KPK geledah Kantor Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Nama Hasto diduga terseret dalam kasus dugaan suap kader PDIP, Harun Masiku yang dilakukan kepada mantan Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan.

Baca juga : Kantor DPP PDI-P Perbatas Akses Peliputan bagi Awak Media

Harun Masiku diduga telah menyuap Wahyu sebesar Rp600 juta dari yang diduga sudah dijanjikan Rp900 juta guna mendapatkan kursi Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) RI dengan cara pergantian antar waktu (PAW). Harun meminta Wahyu untuk mengurus PAW tersebut dalam menggantikan posisi kader PDIP meninggal dunia, yaitu Nazarudin Kiemas.

Sejumlah keterangan Ketua Komisioner KPU RI, Arief Budiman juga menunjukkan permohonan PAW PDIP atas nama Harun Masiku itu ditanda tangani oleh petinggi PDIP.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00